Home Headline 161 Barang Bukti Televisi Rakitan Dimusnahkan

161 Barang Bukti Televisi Rakitan Dimusnahkan

1202

KARANGANYAR, 11/1 (BeritaJateng.net) – Barang bukti 161 unit televisi rakitan dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (11/1/2016). Ratusan televisi rakitan yang dimusnahkan itu adalah barang bukti milik terdakwa Muhammad Muslim bin Amri warga Sukosari, Gondangrejo, Karanganyar.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karanganyar Teguh Subroto menjelaskan, saat ini Muhammad Muslim bin Amri sudah divonis penjara. Muhammad Muslim diamankan oleh Reskrim Polda Jateng pada awal 2015. Hasil penggrebekan, petugas mengamankan ratusan televisi rakitan dengan berbagai merek.

“Awalnya terdakwa menerima servis aneka macam barang elektronik. Kemudian mencoba merakit televisi dengan menggunakan komputer bekas,” jelasnya di Karanganyar Jawa Tengah.

Pelaku, ungkap Teguh memiliki keahlian sebagai tukang service membuatnya terinspirasi untuk membuat televisi rakitan sendiri. Dengan membeli tabung dari komputer yang sudah tak terpakai.

Jenis televisi rakitan karya Muhammad Muslim berukuran14 inchi. Selanjutnya dimasukkan ke dalam kardus. Untuk membantu usaha perakitan televisi, pelaku dibantu delapan orang karyawan.

Setiap harinya mampu hasilkan 30 unit televisi rakitan yang dijual Sampai ke luar kota Solo. Pelaku mematok harga televisi per unitnya sebesar seharga Rp 600.000 sampai Rp 700.000 per unitnya.

“Kasus Muhammad Muslim sudah divonis awal Desember lalu. Karena terbukti memproses dan memasarkan (televisi rakitan) tanpa dilengkapi izin terlebih dahulu dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan pelaku di vonis 6 bulan penjara dan denda Rp 2,5 juta,” pungkas Teguh. (BJ24)

Advertisements

Comments are closed.