Home News Update Baresos Estitomo Berubah Fungsi jadi Resos Orang Gila

Baresos Estitomo Berubah Fungsi jadi Resos Orang Gila

6840
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 28/1 (Beritajateng.net)-Balai Rehabilitasi Sosial (Baresos) Estitomo Wonogiri saat ini berubah fungsi merawat orang gila. Hal itu dilakukan karena terbatasnya fasilitas perawaran orang gila di kawasan tersebut.

Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah Sri Marnyuni mengatakan, di Jawa Tengah bagian selatan jumlah balai yang merawat orang gila jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh karena itu, untuk sementara menggunakan balai resos Estitomo yang sebelumnya digunakan untuk menampung anak-anak terlantar.

“Baresos lebih berfungsi untuk merawat orang gila yang sudah tidak ditampung di RSJ. karena setelah dua bulan dirawat, penderita gangguan jiwa sudah boleh pulang,” ungkapnya, Rabu (28/1) di Gedung Berlian Jalan Pahlawan Semarang.

Menurut politisi senior PAN ini, penderita gangguan jiwa yang sudah diperbolehkan keluar oleh RSJ banyak yang tidak mau pulang karena malu atau ditolak keluarganya. Maka mereka ditampung di baresos. Selain dirawat juga diberi pelatihan pelatihan keterampilan sebagai bekal kalau kembali ke masyarakat.

“Sering terjadi kasus, penderita gangguan jiwa yang kembali ke masyarakat justru mendapat perlakuan yang kurang pas sehingga banyak yang kembali menderita sakit dan harus dirawat lagi di RSJ. Namun kalau berkumpul dengan sesama mantan penderita, mereka malah cepat pulih dari gangguan jiwa yang dideritanya,” jelasnya.(BJ013)