Home Headline Yuuuk Coba Wisata Baru Bukit Selo Arjuno dan Bligo

Yuuuk Coba Wisata Baru Bukit Selo Arjuno dan Bligo

Wisata baru Bukit Bligo di Dusun Watulawang, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan, mulai menarik wisatawan.
KENDAL 04/04 (BeritaJateng.net) — Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) mulai menyasar obyek wisata desa. Pengembangan desa wisata ini tujuannya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.
         Ada dua wisata dua bukit batu yang terletak di Dusun Watulawang, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan yang baru saja diresmikan. Dua bukit tesebut adalah Selo Arjuno dan bukit Bligo.
         Cukup menarik, karena tantangan untuk mencapai bukit dua obyek wisata tersebut yang cukup sulit. Tapi saat sampai diatas, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat menarik.
        Bahkan saking indahnya, sangat cocok bagi mereka yang suka narsis alias berfoto selfie. Karena dari atas dua bukit tersebut, pengunjung nyaris bisa melihat seluruh wilayah Kendal. “Bahkan pelabuhan Kendal, dari atas bukti itu bisa nampak,” tutur Ketua Pokdarwis Desa Kedungboto, Turmadi, Selasa (4/4/2017).
        Dijelaskannya, bua bukit batu tersebut menjulang tinggi  hingga ketinggian 125 meter diatas permukaan laut (dpl) dengan kemiringan 90 derajat. “Tapi medannya masih sangat terjal, karena bukit tersebut dari bawah sampai atas benar-benar murni batu jadi tidak ada tanah sedikitpun,” jelasnya.
         Dua obyek wisata ini sangat cocok bagi mereka yang suka melakukan panjat tebing. Tapi bagi mereka yang takut, bisa menaiki bukit selo arjuno maupun Bligo bisa menaiki tangga besi yang melingkari batuan berdiameter sekitar belasan meter tersebut.
          Kepala Disporapar Kendal, Tavip Purnomo mengatakan pengembangan pariwisata Bukit Selo Arjuno dan Bligo belum bisa dilakukan pada tahun 2017 ini. Hal itu karena belum teranggarkan. “Jadi baru bisa dianggarkan nanti di 2018,” tuturnya.
         Wisata alam di wilayah Limbangan dan sekitarnya sendiri diprediksi banyak potensinya, namun belum terlihat secara keseluruhannya. “Bukit Selo Arjuno dan Bligo ini cukup berpotensi, hanya saja medan yang harus dilalui cukup terjal sehingga membutuhkan akomodasi yang lebih,” akunya.
         Camat Limbangan, Widodo mengatakan tempat ini merupakan wilayah wisata karena juga terdapat potensi yang sama di Gondang, Pakis, Medini, dan Gonoharjo. Di lokasi tersebut juga telah terdapat terminal yang dapat difungsikan bagi parkir roda dua maupun empat.
         “Hampir setiap dusun disini juga memiliki kesenian kuda kepang, yang bisa dimanfaatkan untuk menghibur para wisatawan. Keunikan dari Selo Arjuno dan Bligo yakni pengunjung bisa berselfie di atas puncak batuannya sambil mengibarkan bendera,” akunya.
          Sementara Bupati Kendal, Mirna Annisa berjanji akan segera memperbaiki jalan menuju tempat wisata. Ia berharap, wisata tersebut nantinya bisa berkembang. Sehingga memicu tumbuhnya perekonomian warga setempat.
         “Jika memang disini banyak tempat wisata, saya berharap setiap desa bisa memunculkan wisata-wisata baru. Sehingga Limbangan ini menjadi wilayah wisata alam. Selain itu warganya juga harus dilatih dan dibekali, sehingga bisa mengembangkan potensi desa setempat,” tambahnya. (sty/El)