Home News Update Yuk Donasi Untuk Pasar Johar Lewat Forum Selametke’ ParJo

Yuk Donasi Untuk Pasar Johar Lewat Forum Selametke’ ParJo

Aksi Forum Selametke Parjo di Jalan Pahlawan Semarang, Minggu pagi
Aksi Forum Selametke Parjo di Jalan Pahlawan Semarang, Minggu pagi
Aksi Forum Selametke Parjo di Jalan Pahlawan Semarang, Minggu pagi

Semarang, 17/5 (BeritaJateng.net) – Pasca kebakaran yang melanda Pasar Johar Semarang pada Sabtu, (9/5) lalu, Kelompok “Selametke’ ParJo” (Selamatkan Pasar Johar) menggelar kampanye bertajuk Bangkit Johar di jalan Pahlawan Semarang Minggu (17/5) pagi.

Forum Selametke’ ParJo tersebut ialah gabungan dari elemen masyarakat Semarang yang peduli terhadap kondisi pasar Johar Semarang.

Koordinator Forum Selametke’ ParJo, Rukardi menyampaikan bahwa pihaknya dalam menggelar kampanye sebagai bentuk kepedulian masyarakat atas terbakarnya Pasar Johar Semarang dan para pedagang di Pasar Johar.

“Dengan adanya kampanye ini, kita akan mengawal semua instansi terkait yang menangani pasca kebakaran pasar Johar,” tuturnya.

Ada sekitar 8 tuntutan yang diminta, diantaranya :

1. Menyampaikan keprihatinannya atas terjadinya kebakaran Pasar Johar Semarang.

2. Meminta pihak berwajib, dalam hal ini Kepolisian dapat menyelidiki secara seksama penyebab kebakaran.

3. Meminta pemerintah segera menyediakan tempat relokasi sementara yang representatif untuk para pedagang.

4. Meminta pemerintah segera membentuk tim independen untuk menguji stuktur bangunan pasca kebakaran.

5. Meminta pemerintah memulihkan dan mempertahankan bangunan cagar budaya Pasar Johar.

6. Mendorong penggunaan anggaran pemerintah untuk pembangunan pasar Johar tanpa campur tangan Investor.

7. Meminta pemerintah melakukan penataan kembali pedagang dengan azas keadilan.

8. Meminta pemerintah dalam hal ini Dinas Pasar dapat memperbaiki managemen pengelolaan Pasar Johar.

“Kita sebagai masyarakat Semarang harus ikut mengawal seluruh proses tersebut kedepan agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab,” ungkap Rukardi.

Rencananya, Senin malam pihaknya akan bertemu dengan para pedagang Pasar Johar. “Kita akan mengumpulkan para pedagang dan memberikan bantuan dan membicarakan apa yang menjadi keinginan para pedagang pasca kebakaran,” ucapnya.

Dengan adanya pertemuan tersebut, lanjut Rukardi, pihaknya akan menyerap gagasan-gagasan dari para pedagangan, dan akan menjadi fasilitator mereka untuk mengawal Pemerintah Kota Semarang.

Dari kampanye tersebut Forum Selametke’ ParJo menyebarkan 5000 stiker kepada masyarakat untuk menarik simpatik kepada warga lainnya.

Bukan hanya itu, mereka juga menyediakan kotak amal untuk diberikan langsung kepada para pedagang Pasar Johar Semarang.

“Dan dari teman-teman seniman Semarang kedepan juga akan mengadakan kegiatan serupa, untuk menggalang dana membantu para pedagang Pasar Johar Semarang,” tambahnya Rukardi disela sela acara.

Forum Selametke’ Parjo yang bersekertariat di Gedung Sobokarti, jalan Dr. Cipto 31-33 Semarang tersebut membuka saluran bantuan kepada korban Pasar Johar, yang dapat dikirimkan melalui rekening Mandiri an. Ariana Oktavia 1360013234262 dan sms#BantuJohar#NamaAnda#Nominal Donasi# ke nomor 081326334420.

“Bagi yang ingin mendonasikan bantuannya, bisa memberikan secara langsung di Sekretariatan atau bisa via transfer,” tutupnya. (BJ06)