Home News Update Yoyok Sukawi Pastikan Tidak Maju Pilkada Semarang

Yoyok Sukawi Pastikan Tidak Maju Pilkada Semarang

Yoyok Sukawi

Semarang, 23/11 (BeritaJateng.Net) – Alamsyah Satyanegara Sukawijaya atau yang akrab disapa Yoyok Sukawi, putra mantan Wali Kota Semarang Sukawi Sutarip, memastikan tidak akan maju sebagai calon wali kota pada pemilihan kepala daerah setempat 2015.

“Ada beberapa pertimbangan yang membuat membuat saya memutuskan tidak akan maju sebagai calon wali kota pada pilkada Semarang mendatang,” kata politikus Partai Demokrat itu di Semarang, Minggu (23/11).

Pria kelahiran 1 Maret 1978 itu mengaku ingin fokus mengurus PSIS Semarang, dimana dirinya menjabat sebagai Direktur PT Mahesa Jenar, pengelola kesebelasan sepak bola kebanggaan masyarakat Kota Semarang itu.

“Selain itu, saya juga tidak ingin ‘bertarung’ dengan Mas Hendi (Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, red) jika yang bersangkutan kembali mencalonkan diri karena sudah kenal sejak kecil,” ujar pria yang juga menjabat Ketua Komisi E DPRD Jawa Tengah itu.

Kendati demikian, Yoyok Sukawi mengungkapkan bahwa dirinya siap jika Partai Demokrat meminta dirinya maju sebagai calon wakil wali kota mendampingi calon wali kota Hendrar Prihadi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengatakan bahwa pihaknya belum menentukan sosok yang akan diajukan sebagai calon wali kota Semarang mendatang.

“Belum, kami belum menentukan siapa calon wali kota Semarang yang akan kami usung pada pilkada tahun depan, tunggu saja,” katanya.

Sementara itu, DPD Partai Keadilan Sejahtera Kota Semarang memastikan bakal mengusung kader internal pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015.

Menurut Koordinator PKS Kota Semarang Nur Kholis Majid, kepastian PKS usung kader internal diputuskan dalam Musyawarah Kerja Daerah DPD PKS Kota Semarang yang digelar Minggu (23/11) (19/10).

“Untuk memantapkan langkah menyeleksi kader calon wali kota, PKS membentuk Tim Optimalisasi Pemenangan Pilkada (Tomda) yang ditujukan membuat langkah-langkah strategis pemenangan,” ujarnya.

Pembentukan tim tersebut, kata dia, sebagai langkah persiapan karena pelaksanaan pilwakot yang tidak lama lagi.

Sebelumnya, PKS Kota Semarang telah menjaring aspirasi kader berkaitan dengan Pilwakot Semarang 2015, melalui pemilu internal beberapa waktu lalu yang memunculkan nama-nama yang direkomendasikan.

Dari hasil pemilu internal itu, muncul nama-nama kader PKS yang direkomendasikan maju sebagai calon wali kota dalam Pilwakot Semarang 2015, dan selanjutnya akan dilakukan pembahasan. (ant/pri)