Home Headline Wuiiiih… Semarang Bakal Miliki 100 Kampung Tematik

Wuiiiih… Semarang Bakal Miliki 100 Kampung Tematik

Walikota Semarang meninjau lokasi kampung Tematik di Semarang Tengah.

Semarang, 18/1 (BeritaJateng.net) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meresmikan Kampung Tematik di Seteran Miroto Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Selasa (17/1).

Hendi, sapaan akrabnya, mengungkapkan, Kampung Tematik ini merupakan program Pemerintah Kota Semarang untuk mengubah kampung yang semula kumuh menjadi layak tinggal dan memiliki daya tarik.

“Ada sebuah peningkatan, peningkatan dari kondisi kumuh ke kondisi yang lebih baik,” ujar Hendi.

Selain melakukan perubahan dalam hal kebersihan lingkungan, di Kampung Tematik ini juga dikembangkan potensi masyarakatnya untuk dipasarkan kepada pengunjung.

“Dan juga ada beberapa potensi UMKM yang berhasil oleh pengampu wilayah di sini lurah maupun Camat untuk kemudian menjadi sebuah daya tarik orang luar untuk membeli produk-produk khas Semarang Tengah ini,” katanya.

Melihat-lihat hasil karya warga kampung, walikota Semarang Hendrar Prihadi senang konsep kampung tematik bisa terwujud
Melihat-lihat hasil karya warga kampung, walikota Semarang Hendrar Prihadi senang konsep kampung tematik bisa terwujud

Diakui olehnya, saat ini belum keseluruhan kecamatan di Kota Semarang sukses menjalankan program Kampung Tematik ini. Namun, pihaknya tetap optimis dalam waktu dekat seluruh Kecanatan di Kota Semarang akan memiliki.

“Baru lima puluh persen temen-temen yang memahami semangat dari kampung tematik ini, yang separuh ini saya dorong untuk terutama pak lurah sama pak camatnya untuk bisa seirama dengan keinginan kami mengembangkan kampung tematik,” ujarnya.

Di Kota Semarang di tahun ini ditarget akan dikembangkan sebanyak 100 Kampung Tematik yang tersebar di sepuruh kecamatan yang ada di Kota Semarang. “Di 2017 ini setelah ada evaluasi, rencana pembuatan 100 titik kampung tematik ini dapat lebih sempurna lagi,” katanya.

Bagi kecamatan yang telah sukses menjalankan program Kampung Tematik ini, pihaknya akan mendorong untuk terus berkembang sehingga menggugah daerah lain yang masih tertinggal.

“Kami lihat yang di Semarang Tengah ini berhasil, di sini pusat orang membuat barongsai ada di sini, kemudian beberapa UMKM juga berkembang kayak kulit lumpia. Akan terus kita dorong di beberapa daerah lain,” tambahnya. (EL)

Advertisements