Home Lintas Jateng Wuih Dubes Amerika Tertarik Mobil Listrik UNS

Wuih Dubes Amerika Tertarik Mobil Listrik UNS

image

SOLO, 17/3 (Beritajateng.net) – Kunjungan Duta Besar Amerika Duta Besar (Dubes) Amerika Robert Blake ke Solo bertujuan untuk  meningkatkan kerjasama yang selama ini sudah terjalin sebelumnya terkait program  air bersih dan sanitasi. Juga membantu Pemerintah Kota Solo dalam hal pengelolaan sampah.

“Kami akan menerjunkan tim khusus yang terdiri dari 3 orang pegawai Kedutaan AS ke Solo dalam waktu dekat. Tiga orang tersebut bertugas membangun komunikasi dan kerjasama yang lebih erat lagi dengan pemkot,” jelas Robert di Solo Jawa Tengah, Selasa (17/3/2015).

Sedangkan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyatakan kedatangan  dubes Amerika ke Solo jangan hanya formalitas saja, namun juga ada tindak lanjutnya dalam bentuk kerjasama.”Jangan hanya sekedar kunjungan, tetapi ada tindak lanjut, ada follow upnya. Kami ingin kerjasama awal nanti dalam bidang air bersih dan snitasi serta pengelolaan sampah,” harapnya.

Selain itu Robert juga menyatakan akan melakukan kerja sama  dengan UNS  Solo. Hal itu diungkapkan saat berkunjung ke kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) ternyata sangat berminat dengan  mobil listrik nasional (Molinas) yang merupakan hasil  rakitan dari  Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. 

Nampak Dubes Amerika sangat tertarik dan berminat dengan Molinas karya dari UNS yang diberi nama Smart UNS. Terlebih lagi Molinas milik UNS tersebut sekali charge bisa berjalan sekitar  80-100 Km.

Dubes dalam pertemuan singkat di UNS  menyatakan akan menghubungkan UNS dengan industri mobil listrik di AS. Karena saat ini  Amerika juga  sedang  mengembangkan produk mobil listrik.

” Ini mobil yang bagus, sangat  cocok untuk bisa berkembang jadi mobil listrik di  negara anda. Saya akan bantu agar mobil rakitan kreatif para mahasiswa ini menjadi mobil listrik nasional,” jelasnya.(BJ24)