Home Hiburan Wow.. Tahun 2017, Ada Polisi dan Satpol PP Pariwisata di Kota Lama...

Wow.. Tahun 2017, Ada Polisi dan Satpol PP Pariwisata di Kota Lama Semarang

Pemkot giatkan resik-resik kota lama

Semarang, 29/11 (BeritaJateng.net) -Pemerintah Kota Semarang saat ini sedang membuat regulasi tentang penempatan petugas khusus di kawasan kota lama. Nantinya ada beberapa petugas dari Satpol PP dibantu dari petugas kepolisian dari Polrestabes untuk menjaga keamanan dan kondusifitas kawasan kota lama.

Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryati Rahayu mengatakan, untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi para pengunjung domestik maupun wisatawan dari luar kota Semarang. “Diperlukan petugas khusus yang ditempatkan dibeberapa titik untuk mengantisipasi tindakan kriminalitas yang terjadi,” ujarnya.

Menurut Ita sapaan akrab Hevearita, dengan adanya petugas khusus ini selain untuk memberikan rasa nyaman dan aman juga sebagai pemberi informasi kepada wisatawan yang menanyakan tempat-tempat di sekitar kota lama.

“Karena nantinya para petugas ini juga akan dibekali ilmu kepariwisataan khusus. Juga ada wisatawan yang tanya gedung-gedung disekitar kawasan kota lama mereka yang nantinya memberi tahu semacam pemandu Wisata,” ungkap Ita yang juga merupakan ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BP2KL) Semarang.

Ia menjelaskan, saat ini sedang melaksanakan koordinasi dengan polrestabes untuk berkoordinasi agar ada integrasi dari masing-masing petugas antara Satpol PP dan Polrestabes.

“Harus ada integral. Selain itu juga tepatnya akan di mana nanti para petugas khusus itu. Ya, mungkin aktifnya 2017 ya, akan kami terapkan dari Satpol PP Kota Semarang dan Polisi Pariwisata dari Polrestabes. Biar nantinya tidak tumpang tindih di lapangan,” jelasnya.

Wakil Walikota Hevearita juga meminta agar ada peran serta dari masyarakat yang ikut menjaga dan merawat bangunan tua dan taman yang ada di kawasan kota lama.

Menurut Ita, antusiasme dari masyarakat juga sangat penting untuk mendukung kepariwisataan. “Salah satunya dengan ikut memasarkan beberapa objek pariwisata di Semarang salah satunya kawasan kota lama melalui media sosial,” harapnya. (EL)

Advertisements