Solo Perkuat Predikat Sebagai Kota Wisata Kuliner

SOLO – Kota Solo memperkuat predikat sebagai kota wisata kuliner melalui penyelenggaraan Indonesia Kuliner Festival yang dilaksanakan pada 9-12 Mei 2024.

Ketua Penyelenggara Indonesia Kuliner Festival Daryono di Solo, Jawa Tengah, Jumat mengatakan festival tersebut saat ini sudah memasuki tahun ke-9.

“Tahun ini kami selenggarakan selama empat hari di Manahan. Kalau tiga tahun lalu temanya sambal, tahu lalu sate, dan tahun ini kami ambil tema soto,” katanya.

Ia mengatakan diusungnya tema soto karena makanan tersebut merupakan salah satu favorit masyarakat dari berbagai usia.

“Anak-anak, remaja, dan orang tua. Oleh karena itu, akan kami jadikan tema di tahun ini,” katanya.

Ia mengatakan menu soto juga tidak identik dengan kalangan tertentu, bahkan pejabat hingga masyarakat biasa menjadikan soto sebagai salah satu makanan pilihan.

Di Solo, menurut dia menu soto juga banyak ditemukan. Bahkan bukan hanya soto khas Solo tetapi juga dari berbagai daerah, di antaranya Soto Boyolali, Soto Lamongan, dan Soto Kudus.

“Di sisi lain, Soto Solo juga ada di berbagai daerah. Artinya makanan ini betul-betul merakyat, mendarah daging, dan menjadi makanan favorit. Ini yang menginspirasi kami agar Solo dijadikan sebagai hidangan atau jamuan tamu nasional hingga internasional. Jadi orang kenal,” katanya.

Ia juga berharap festival tersebut dapat menjadi ajang promosi potensi kuliner daerah. Selain itu juga memperkuat Solo sebagai Food Smart City.

“Kita dengan 200 kota lain di dunia tergabung sebagai Food Smart City. Harapannya Solo jadi contoh, bagaimana sebuah kota bisa memanajemen potensi pangan sehingga berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja dan pengentasan kemiskinan. Jadi peluang bisnis, karena ini masuk ekonomi kreatif,” katanya.(ant)

Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup