Home Lintas Jateng WCC Temangung Tangani 20 Kekerasan Terhadap Anak

WCC Temangung Tangani 20 Kekerasan Terhadap Anak

Temanggung, 28/12 (Beritajateng.net) – Lembaga Women and Child Crisis Centre (WCC) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, selama tahun 2014 menangani sebanyak 20 kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan.

“Data ini merupakan rekap kasus yang masuk ke WCC, belum termasuk yang terdapat di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Temanggung,” kata anggota Divisi Perlindungan dan Pendampingan WCC, Rozakul Yazid, di Temanggung, Minggu.

Ia mengatakan setiap bulan rata-rata terdapat dua laporan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan, sedangkan pada bulan Juni 2014 nihil.

Menurut dia mayoritas kasus yang masuk adalah kasus kekerasan seksual yang menimpa anak-anak yang masih tergolong di bawah umur, sisanya adalah kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Ia mengatakan hasil penelusuran WCC kebanyakan kasus KDRT yang terjadi dipicu oleh faktor ekonomi dalam rumah tangga. Sekitar 80 persennya diselesaikan lewat jalur hukum, sedangkan sisanya lewat upaya mediasi.

Ia menuturkan untuk kasus kekerasan seksual pada anak karena lemahnya perhatian dan kontrol orang tua.

“Kami hanya dapat membantu lewat pendampingan oleh psikolog sebagai upaya mengembalikan mental korban maupun pelaku yang statusnya masih di bawah umur. Sebenarnya yang paling penting adalah pengawasan oleh orang tua yang bisa langsung melihat perkembangan anak-anak mereka,” katanya.

Ia menyayangkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan berbagai kasus kekerasan terhadap anak-anak maupun perempuan kepada WCC.

Rozakul menduga keengganan melaporkan tersebut karena kedua jenis kasus kekerasan tersebut dianggap sebagai sebuah aib keluarga yang tidak pantas diketahui oleh orang lain.

“Kebanyakan kasus yang kami tangani ini bersumber dari informasi orang lain, bukan dari korban secara langsung. Inilah kendala yang masih saja terus terjadi di lapangan,” katanya. (Ant/BJ)