Home DPRD Kota Semarang Wawalikota Minta Baliho dan Reklame Beralih Menjadi Papan Iklan TV LED

Wawalikota Minta Baliho dan Reklame Beralih Menjadi Papan Iklan TV LED

Wakil wali kota Semarang Hevearita Gubaryanti Rahayu menunjukkan dokumentasi contoh taman yang tertata asri usai melakukan kunjungan ke Surabaya,.

Semarang, 19/11 (BeritaJateng.net) – Penyedia layanan iklan reklame di Kota Semarang yang menggunakan baliho atau media konvensional diminta untuk segera beralih menggunakan Papan Iklan TV LED.

Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryati Rahayu menyebutkan, pemkot akan melakukan inventarisir keberadaan reklame yang menjadi salah satu sumber Pendapatan APBD di sektor pajak.

“Inventarisir ini juga bertujuan agar kami tahu kondisi fisik papan reklame yang ada dan mengetahui potensi atau pemasaran iklim bisnis reklame Saat ini,” ujar Wakil Walikota Semarang.

Menurutnya, saat ini Walikota Semarang sudah memberikan mandat agar reklame dapat diseragamkan tidak berbentuk baliho/ seng dan MMT, namun dapat berbentuk Papan Iklan TV LED/ khususnya di wilayah jalan protokol.

“Selain itu, dari instruksi tersebut juga diharapkan ada keseragaman pajak dengan jenis yang berbeda, sehingga dapat menarik pengusaha reklame mengembangkan bisnisnya dikota Semarang,” imbuh Ita, sapaan akrabnya.

Sementara itu Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang yang membidangi retribusi Danur Rispiyanto saat dikonfirmasi menuturkan Retribusi reklame di Kota Semarang memiliki potensi yang besar. Saat ini target Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 6 miliar.

“Saat ini antara DPRD dan Pemkot Semarang sedang mencari regulasi yang tepat menaikan potensi PAD dari Reklame, melalui Pansus Reklame DPRD kota Semarang,” jelas Danur.

Lebih lanjut Politisi Partai Demokrat ini menyatakan pendapatan dari sisi pajak reklame di Kota Semarang saat ini cukup besar dibanding retribusinya.

“Nantinya penataan reklame akan diawali dengan system zonasi dan jalan protocol utamanya di kawasan simpang lima semarang yang saat ini sudah menjadi hutan reklame,” tandasnya. (Bj)

Advertisements