Home Lintas Jateng Wawali: Kerugian Kebakaran Pasar Waru Kaligawe Semarang Segera Diinventarisir

Wawali: Kerugian Kebakaran Pasar Waru Kaligawe Semarang Segera Diinventarisir

Wakil walikota Semarang saat meninjau lokasi kebakaran di pasar Waru Kaligawe Semarang

Semarang, 19/11 (BeritaJateng.net) – Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memerintahkan segera menginventarisir kerugian secara materi akibat kebakaran Pasar Waru Semarang.

“Kami akan segera inventarisir (kerugian, red.). Sudah saya perintahkan Dinas Pasar menginventarisir,” katanya.

Ratusan los dan puluhan kios pedagang di Pasar Waru yang terletak di kawasan Sawah Besar, Semarang, ludes terbakar, yang diperkirakan mulai terjadi sekitar pukul 19.30 WIB.

Lebih dari 10 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkam api dari berbagai penjuru untuk mencegah kebakaran meluas, dan sekitar pukul 21.30 WIB api berhasil dipadamkan.

Ita, sapaan akrab Hevearita yang segera mendatangi lokasi begitu mendapatkan informasi kebakaran juga meminta bantuan armada PDAM Semarang dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).

“Tadi minta bantuan PDAM dan DKP untuk membawa tangki (truk tangki air, red.) ke sini untuk mempercepat pemadaman. Sebab, tadi truk pemadam susah masuk karena banyak warga menonton,” katanya.

Berdasarkan informasi dari Dinas Pasar, ia menyebutkan diperkirakan ada empat blok yang terdiri atas 517 los milik 350 pedagang dan puluhan kios pancakan yang ludes akibat kebakaran itu.

“Ada empat (blok, red.) yang kena milik pedagang. 517 petak (los, red.) itu milik 350 pedagang, mulai sembako, pakaian, dan sebagainya karena ini pasar tradisional,” katanya.

Selain kerugian, Ita beserta Dinas Pasar pada kesempatan itu juga langsung bertemu dengan perwakilan pedagang untuk membahas relokasi sementara pedagang Pasar Waru pascakebakaran.

“Kemungkinannya (relokasi sementara, red.) di depan sini (jalan, red.). Sebab, kalau dipindah ke lokasi yang jauh-jauh kan mereka tidak mau. Belum ada laporan korban jiwa,” jelasnya.

Pasar Waru juga merupakan tempat relokasi pedagang dari Pasar Progo, dan masih ada satu blok yang belum ditempati pedagang yang dalam kebakaran itu tidak ikut terlalap api.

Ditanya mengenai bantuan atau tali asih kepada korban, Ita mengatakan nanti akan dibahas menunggu hasil inventarisir atas kerugian akibat kebakaran yang akan dilakukan Dinas Pasar.

“Ya, kami kan belum tahu mana saja yang terbakar. Kalau yang di (bagian, red.) belakang sepertinya sudah kena semua. Akan tetapi, moga-moga saja masih ada yang bisa diselamatkan,” pungkasnya. (Bj)

Comments are closed.