Home Headline Wartawan Jawa Tengah Deklarasikan Pilkada Serentak Damai  

Wartawan Jawa Tengah Deklarasikan Pilkada Serentak Damai  

Wartawan Jawa Tengah Deklarasikan Pilkada Serentak Damai  
        Semarang, 13/2 (BeritaJateng.net) – Jurnalis atau Wartawan di Jawa Tengah siap mewujudkan pilkada damai melalui pemberitaan atau karya jurnalistik yang berimbang dan tidak mengandung isu sara. Hal ini ditegaskan dalam deklarasi pilkada damai yang digelar oleh Polda Jawa Tengah dan Wartawan Kota Semarang, Selasa (13/2).
          Wartawan di Jawa Tengah mendukung terwujudnya Pilkada 2018 damai di Jawa Tengah. Hal ini seperti yang ditegaskan para wartawan yang bertugas liputan di Polda Jawa Tengah dan perwakilan wartawan dari berbagai daerah di Wilayah Jateng dalam deklarasi pilkada damai yang diprakarsai oleh Polda Jateng bersama Wartawan Unit Polda Jateng di Semarang.
          Kapolda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono,  meminta kepada semua pihak agar terlibat  dalam mewujudkan suasana kondusif di Jawa Tengah selama masa pilkada. Dengan satgas anti black campaignnya polda jateng kini terus memantau konten negatif berupa kampanye hitam atau black campaign di media sosial berbasis internet.
         “Kalau menemukan konten konten black campaign atau informasi informasi yang bisa memecah belah bisa kita ada satgas anti black campaign ada disitu, kemudian di polres polres juga membentuk satgas yang sama yang akan kita tindak lanjuti,” ujarnya.
         Dalam mendukung terselenggarakannya Pilkada di Jawa Tengah yang aman dan kondusif, setidaknya ada 4 poin penting dalam deklarasi ini yakni wartawan berkomitmen mengedepankan pemberitaan sesuai dengan kaidah jurnalistik, mendukung Polda Jateng dan jajaran dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif baik sebelum, pada saat ataupun setelah pelaksanaan pilkada.
        Wartawan siap menyajikan berita pilkada yang cerdas dan menyejukkan serta bersama sama menjaga kerukunan dengan tidak membuat berita hoax atau bohong yang digunakan untuk kepentingan golongan guna memecah belah kesatuan dan persatuan.
        “Kami selalu konsisten, temen temen media temen temen pers selalu netral dalam proses pilkada di jawa tengah ini,” ungkap Damar Sinuko, Ketua Wartawan Unit Polda Jateng
         Di tahun 2018 ini selain pemilihan Gbernur Jateng juga terdapat 7 Kabupaten, Kota yang juga menggelar pilkada yakni Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Magelang dan Kota Tegal. (El)