Home News Update Warganet Semarang Heboh Diserbu “Pertanyaan Unik”

Warganet Semarang Heboh Diserbu “Pertanyaan Unik”

SEMARANG, 25/6 (Beritajateng.net) – Warganet Semarang pasti masih ingat akan kejadian viral di Maret 2019, saat melihat ada baliho  “Katakan Putus” terpasang di tengah kota.

(https://twitter.com/DurenRaja/status/1104425749207965696)

Dalam beberapa hari belakangan efek viral yang ditimbulkan sebuah baliho di Semarang ternyata berulang. Bedanya kali ini baliho bukan dipasang untuk mempermalukan seseorang, namun untuk melibatkan masyarakat dengan sebuah social experiment dengan cara yang unik.

Jika Anda kebetulan melewati ruas jalan Dr Wahidin di Semarang, Anda akan melihat  satu baliho / billboard yang lain dari biasanya. Di atas baliho berukuran 10 x 5 M ini hanya tertulis kalimat “WIFI, Mocone Wayfay, utowo Wayfi?”, serta gambar QR Code di bawahnya. Baliho ini menurut warga sekitar sudah terpasang sejak 15 Juni 2021 atau Rabu minggu lalu.

Seperti berkaitan dengan yang kejadian diatas, adanya kertas gorengan dan kertas bungkus makanan yang berisi “Pertanyaan Unik” juga tersebar di kaki lima seputar kota Semarang. Pertanyaan yang muncul pun menggelitik warga untuk menjawab. Seperti “2% x 4% =?”, “Gedean mana Diskon 70% atau 50%+20%”, “Guru Perivate atau Guru Private?” disertai QR Code kuning di bawahnya. Anda bisa menemukan kertas “Pertanyaan Unik” ini dengan mudah jika membeli gorengan atau membungkus di restoran nasi Padang di Semarang.

Konsep baliho dan kertas bungkus makanan “Pertanyaan Unik” ini menjadi bahan perbincangan juga para warganet Semarang dan kota-kota lain. Tagar #mulaidarimanaja menghiasi lini masa twitter dalam kurun waktu satu minggu ke belakang. Bahkan menjadi trending topic di urutan 5 di hari ini, dengan 1284 cuitan.

Dan berikut ini respon twit dari warga Semarang.

https://twitter.com/estawarmanis/status/1407642432821293062

https://twitter.com/uexeater/status/1407261158743019520

Tidak hanya di Semarang, “Pertanyaan Unik” ini menyerbu. Di Jogjakarta, “Pertanyaan Unik” juga terpasang di body truck, seperti pengakuan warganet berikut ini.

https://twitter.com/rizkafala/status/1407299220101496838

Untuk menelusuri siapa yang memasang baliho dan kertas bungkus makanan viral“Pertanyaan Unik” ini, jurnalis Beritajateng.net  mencoba scan QR Code yang ada di baliho dan kertas bungkus makanan. Setelah itu link akan diarahkan ke situs mulaidarimanaja.com. Dimana kita akan diajak menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti yang ada di baliho dan kertas bungkus makanan, dan diberi 2 opsi jawaban. Setelah itu, kami diarahkan untuk memasukkan alamat email untuk mengetahui hasil eksperimen ini. Apakah kalian bisa menjawab pertanyaan yang beredar tersebut?

(NK)