Home Headline Warga Tarfia Jayapura ingin Listrik Terus Menyala

Warga Tarfia Jayapura ingin Listrik Terus Menyala

image
Ilustrasi

Tarfia, 4/1 (Beritajateng.net) – Sejumlah warga yang berdomisili di Kampung Tarfia, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, menginginkan listrik di daerah itu terus menyala dari malam hingga pagi.

“Listrik di Tarfia hanya menyala pada malam hari, itupun tidak sampai pagi,” kata salah seorang tokoh masyarakat setempat, Agustinus Pitowin di Tarfia, Minggu.

Agustinus mengatakan, lampu listrik di Tarfia menyala dari jam enam sore sampai jam 12 malam. Setelah jam itu, lampu padam sampai pagi hari hingga sore hari.

“Setiap malam lampu tidak sepenuhnya menyala sampai pagi hari, jadi kami ingin lampu terus menyala dari sore hari sampai pagi hari,” ujarnya.

Menurut dia, sebenarnya masyarakat Tarfia menginginkan listrik terus menyala tetapi belum mengajukannya ke Pemerintah Kabupaten Jayapura, keinginan itu masih sebatas wacana.

“Kami rencana akan bahas keinginan itu bersama-sama lalu ajukan ke Pemerintah Kabupaten,” ujar Agustinus yang kini menjabat Sekretaris Bamuskam itu.

Keinginan itu, kata dia, akan diperjuangkan karena listrik sering kehabisan solar, karena menggunakan solar. Induk aliran listrik bermarkas di Distrik Genyem Kota, Kabupaten Jayapura, dan ranting Tarfia.

“Kalau solar habis, masyarakat harus lapor ke Genyem, setelah ada pelaporan kesana baru lampu bisa menyala,” ujarnya.

Masyarakat Tarfia juga ingin agar ada mesin induk listrik bermarkas di Tarfia, sehingga masyarakat tidak repot lagi pergi jauh ke Genyem untuk melapor. Kemudian, lampu harus menyala terus dari sore sampai pagi hari.

Agustinus menambahkan, selain kehabisan solar, mesin listrik juga sering rusak. “Kalau mesin rusak berarti lampu padam.

Sementara itu, Gustaf Deda, warga lainnya mengatakan, masyarakat di daerah itu umumnya menggunakan meteran listrik prabayar (meteran pulsa).

“Rata-rata masyarakat pakai meteran pulsa, jadi setiap bulan harus beli pulsa listrik,” ujarnya.(Ant/Bj02)