Home Ekbis Warga Serbu Pembagian Rastra Gratis

Warga Serbu Pembagian Rastra Gratis

Warga Serbu Pembagian Rastra Gratis
          BLORA, 29/1 (BeritaJateng.net) – Hari pertama pembagian beras sejahtera (rastra) di sejumlah balaidesa di kabupaten Blora Senin pagi (29/1/2018) disesaki oleh ratusan warga. Bahkan sebagian warga nekat datang lebih awal ke balaidesa untuk menghindari antrian.
          Hasil pantauan di Balaidesa Kamolan, ratusan warga sejak pukul 8 pagi sudah mulai memadati balaidesa setempat, padahal acara pembagian rastra baru akan dilakukan pada pukul 9 pagi. Akibatnya antrian panjang pun tak terhindarkan.
         Mengantisipasi terjadinya aksi saling mendahului, pihak balaidesa pun akhirnya hanya membuka satu pintu utama kantor balaidesa.
            Siti Aisyah (37) warga kamolan mengatakan, Meski pembagian rastra tahun ini gratis, namun dirinya  mengaku kecewa. Pasalnya banyak warga yang awalnya dapat jatah beras kini tidak dapat lagi.
           “Saya pengennya seperti dulu saja, bayar tapi rata, semua warga dapat. Kalau ini, gratis tapi banyak warga yang awalnya dapat jatah raskin sekarang tidak dapat”, keluhnya.
          Meski kecewa, Siti mengaku senang masih bisa menerima beras rastra secara gratis. “Alkhamdulillah senang mas, kualitas berasnya juga bagus. Tapi saya tetap berharap agar warga bisa terima bantuan semua,” harapnya.
         Kepala desa (kades) kamolan, Sudjadi mengatakan, ada sekitar 340 warganya yang hari ini menerima bantuan sosial (bansos) rastra dari pemerintah. Setiap warga menerima 10 kg beras rastra secara gratis atau tidak dibebani biaya seperti tahun lalu.
          “Ini gratis, setiap warga menerima 10 kg, berbeda dengan raskin tahun lalu dimana setiap warga mendapat 15 kg tapi harus membayar,” terang Sudjadi.
           Menurut Sudjadi, meski sempat antri panjang, namun pembagian rastra berjalan lancar. Anggota kepolisian dari babhinkamtibnas diterjunkan ke lokasi untuk mengamankan jalannya pembagian rastra.
         “Iya tadi sempat antri banyak, saya minta warga agar tetap tertib, antri satu-satu dan tidak saling berebut,” kata Sudjadi.
        Selain di kamolan, pembagian rastra juga berlangsung di kelurahan bangkle Blora. Ada setidaknya 146 warga yang menerima bantuan rastra di kelurahan tersebut.
(MN/El)