Home Ekbis Warga Rembang Beri Ganjar Ribuan KTP, Bukti Dukungan Pabrik Semen Rembang

Warga Rembang Beri Ganjar Ribuan KTP, Bukti Dukungan Pabrik Semen Rembang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

SEMARANG, 20/02 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerima pernyataan sikap masyarakat Rembang melalui surat berisi dukungan keberadaan pabrik semen di Rembang, bersamaan dilampiri 7000 Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga sekitar pabrik PT Semen Indonesia di Rembang. Pernyataan yang dilampiri ribuan KTP warga tersebut, diteruskan Ganjar Pranowo ke Biro Umum untuk diverifikasi. Hal itu dilakukan untuk menghindari terulangnya identitas fiktif, dengan membuktikan keaslian ribuan KTP tersebut.

“Bahwa mereka menjamin (data asli), saya minta untuk dikonfirmasi dahulu. Ini fiktif atau tidak, ada yang namanya power ranger atau ultraman atau tidak. Jadi perlu kita verifikasi dahulu,” terang Ganjar Pranowo, Minggu (19/02/2017).

Terkait izin lingkungan PT Semen Indonesia, Ganjar menyatakan akan memutuskan hal tersebut maksimal tanggal 24 Februari. Izin tersebut, kini sedang dalam proses pengkajian dokumen rekomendasi hasil sidang Analisi Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang.

“Saya dikasih waktu untuk memutuskan, 10 hari. Kemarin masih paparan hasil sidang komisi amdal dari DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi) dan Dinas ESDM Provinsi. Jadi memang belum (ditandatangani Ganjar),” ungkapnya.

Pemprov juga berupaya untuk setiap proses penyususnan dokumen lingkungan, dilakukan terbuka. Meski sesuai ketentuannya, perbaikan dokumen addendum Amdal memang tidak memerlukan partisipasi dari masyarakat langsung. Namun pihaknya, berencana terbuka dengan melibatkan semua pihak.

“Agar semua makin transparan. Meski memang di Peraturan Pemerintah (PP), untuj addendum tidak memerlukan partisipasi masyarakat,” terangnya.

Lanjut Ganjar, setelah batas waktu yang diberikan Ganjar untuk memutuskan, nantinya akan ada sosialisasi lanjutan ke masyarakat sekitar. “Nanti saya perintahkan Bupati disana (Bupati Rembang), untuk mensosialisasikan hasilnya nanti,” ujarnya. (ED/El)

Advertisements