Home Headline Warga Plantungan Blora Keluhkan Suara Bising Mesin PT SG di Rembang

Warga Plantungan Blora Keluhkan Suara Bising Mesin PT SG di Rembang

BLORA, 18/5 (BeritaJateng.net) – Sejumlah warga di Desa Palntungan, Kecamatan Blora, Blora, Jawa Tengah mengaku bising dengan suara gemuruh mesin dari PT Semen Gresik di Rembang.

Suara gemuruh itu terdengar jika malam tiba, dikarenakan malam hari suasana sepi, apalagi jika musim penghujan, suara gemuruh itu membuat warga susah tidur.

“Sejak ada pabrik semen, kita mendengar suara gluduk gluduk, terlebih malam hari suaranya terdengar jelas,” ungkap Suyatno warga setempat (Selasa, 18/5).

Ditambahkan Suyatno, selain suara bising, terkadang debu penggilingan batu, juga sampai di Desa Plantungan, terutama lahan sawah yang letaknya dekat dengan lokasi Pabrik.

“Biasanya di bulan Februari , Agustus itu banyak debu terbawa angin ke Plantungan. Ini berpengaruh terhadap tanaman, ” jelasnya.

Sementara kepala Desa Plantungan Endang Susana ketika dikonfirmasi membenarkan keluhan warganya. Sejak ia memimpin desa Plantungan dampak dari PT SG di Rembang mengganggu warganya.

“Sejak saya jadi kepala desa, memang terdengar suara gemuruh seperti yang di
rasakan warga. Bahkan terkadang ada bau menyengat dari pembakaran batu bara, “tutur Endang

Ditambahkan Endang, sepanjang kepemimpinanya, ia sudah dua kali menjumpai debu yang dibawa angin dari pabrik semen, yaitu di bulan Februari dan Agustus.

“Bukan hanya itu debunya dari penggilingan batu PT SG, sampai ke warga. Dan sampai saat ini baru kemarin kita dapat bantuan dari semen gresik, berupa Semen untuk pembanguan Masjid dan sarana covid 19. Itupun kami buat Proposal,” katanya.

Endang berharap agar PT SG memperhatikan juga lingkungan terdampak seperti desa Plantungan, agar ada bantuan setiap tahunya untuk perbaikan ekonomi warga. (Her/El)