Home Headline Warga Pati Minta Tinjau Ulang Izin Pendirian Pabrik Semen

Warga Pati Minta Tinjau Ulang Izin Pendirian Pabrik Semen

image
Ilustrasi

Pati, 7/1 (Beritajateng.net) – Masyarakat di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Lingkar Kendeng Sejahtera (Likra) menuntut pemerinah daerah setempat meninjau ulang pemberian izin lingkungan terhadap pabrik semen, karena masih banyak yang menolak rencana pendirian pabrik itu.
“Kami juga meminta Komisi Penilai analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan Bupati Pati meninjau ulang Surat Keputusan Kelayakan Lingkungan (SKKL) serta surat rekomendasinya,” kata juru bicara Likra Slamet Riyanto usai mendatangi Kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pati, Rabu.
Menurut dia, keluarnya SKKL nomor 660.1/4766 tahun 2014 berikut rekomendasi bernomor 660.1/012/XII/Amdal/2014 sebagai rangkaian munculnya izin lingkungan dengan nomor 660.1/4767 tahun 2014 mengabaikan azas kehati-hatian.
Pasalnya, kata dia, keputusan tersebut diambil di tengah gejolak pro dan kontra warga Kabupaten Pati yang semakin menguat.
Keluarnya izin lingkungan, kata dia, semakin membuat masyarakat resah sehingga intensitas konflik di masyarakat juga semakin menguat.
Hal itu, kata dia, sudah sepantasnya menjadi perhatian pemerintah.
Oleh karena itu, dia meminta Komisi Penilai Amdal kembali menyidangkan dokumen Amdal yang disusun PT Sahabat Mulia Sakti (SMS) sebagai anak perusahaan PT Indocement Tunggal Prakarsa secara terbuka.
“Hal demikian untuk membuktikan, bahwa Komisi Penilai Amdal transparan kepada masyarakat meskipun pada 3 November 2014 telah dilakukan sidang,” ujarnya.(ant/Bj02)