Home Lintas Jateng Warga Keluhkan Bangunan Hotel di Cepu

Warga Keluhkan Bangunan Hotel di Cepu

image

Blora, 23/4 (Beritajateng.net)- Warga Kelurahan Karangboyo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah mempertanyakan keberadaan bangunan hotel baru di wilayahnya. Warga menilai munculnya bangunan baru, telah mengurangi lahan terbuka hijau, dan area resapan air. Selama ini dinilai berkurangnya resapan air menjadi penyebab parahnya banjir di Cepu.    

Hal itu dikatakan oleh Suharno, warga Karangboyo. Menurutnya, berdirinya sebuah hotel di lingkungan keluarahan setempat menimbulkan kekhawatiran, parahnya banjir di wiliayah tersebut.“Jika terjadi hujan selama tiga jam, dipastikan terjadi banjir. Apalagi dengan adanya hotel yang berdiri megah itu, akan berakibat makin parahnya banjir,” kata dia, Kamis (23/4/2015).  

Sedangkan Kepala UPT Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wilayah Cepu, Wirastomo Wisnu menyatakan, secara fisik saat ini memang daerah resapan air berkurang karena banyaknya bangunan baru. Seperti hotel dan pengembangan perumahan baru.

Namun dirinya menandaskan, untuk permasalahan banjir sebenarnya bukan hanya masalah resapan air. Akan tetapi masalah buruknya drainase.“Jika masalah saluran air atau drainase terselesaikan, maka masalah banjir bisa teratasi. Karena resapan air sendiri difungsikan untuk penyediaan air bumi, dan mengurangi volume air di permukaan,” kata dia. (BJ31)