Home Ekbis Walikota Solo : Mobil Esemka Berjasa bagi Karir Jokowi

Walikota Solo : Mobil Esemka Berjasa bagi Karir Jokowi

Ilustrasi

Mobil Esemka

Solo, 9/2 (BeritaJateng.net) – Perjuangan mengantarkan mobil Esemka saat akan melakukan uji emisi ke Jakarta penuh perjuangan. Banyak harapan bersandar saat anak-anak SMK mampu merancang mobil yang pastinya patut untuk mendapatkan apresiasi.

Bahkan saat itu Jokowi berniat untuk mencarikan investor agar bisa mengembangkan Esemka menjadi mobil nasional. Pertimbangannya banyak tenaga kerja yang bisa terserap seandainya Esemka dijadikan Mobil nasional dan diproduksi secara masal.

Berbagai kalangan mendukung kelahiran mobil esemka. Bahkan saat akan dilakukan uji emisi Rudi yang saat itu masih menjabat sebagai Wakil Walikota dan juga di dampingi Roy Suryo mantan Menteri Pemuda dan Olah raga membawa sendiri mobil tersebut ke Jakarta secara bergantian.

Hal tersebut diungkapkan Rudi di hadapan wartawan, Senin (9/2/2015). Bahkan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk flash back ke belakang bagaimana perjuangan membawa esemka agar bisa menjadi mobil nasional di tengah keterbatasan dana yang ada.

Bila ingin menggandeng pabrikan mobil, pilih saja yang sudah jelas seperti Jerman, Jepang, atau Korea karena sudah ada KIA di Indonesia.

“Jika ingat perjuangan tersebut (Presiden Jokowi) tidak akan dengan mudah mau menggandeng Proton,” terang Rudi.

Saat itu ungkap Rudi, dua kali Esemka uji emisi dengan perjuangan berat. Dan baru yang ketiga sukses meski masih meninggalkan beberapa catatan yang tetap harus di perbaiki.

Walau bagaimanapun juga, Esemka pernah sukses mengantarkannya menuju kursi Gubenur DKI. Termasuk menjadi orang nomor satu di Indonesia. Karena melalui Esemka masyarakat banyak yang mengenal Jokowi.

“Biar jelek-jelek begitu, Esemka sukses mengantarkannya menuju kursi Gubenur dan Presiden, masak dilupakan,” pungkasnya. (BJ24)

Advertisements