Home Lintas Jateng Walikota Solo Melarang Pejabat Terima Bingkisan

Walikota Solo Melarang Pejabat Terima Bingkisan

Rudi dan SBS

Solo, 13/7 (BeritaJateng.net) – Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo meminta pada seluruh pejabat di jajaran di Pemkot Solo untuk tidak menerima bingkisan dari pihak manapun. Dan jika ada yang menerima agar segera wajib melapor ke Inspektorat.

Nantinya laporan ke Inspekorat itu akan akan diteruskan ke KPK, sehingga parcel tersebut juga tidak akan dikembalikan baik pada pengirim ataupun penerimanya.  

Pasalnya  PNS yang menerima parsel atau bingkisan lebaran sesuai dengan ketentuan undang-undang (UU) Tipikor termasuk dalam kategori gratifikasi yang bisa terkena sanksi pidana.

Bahkan pihak Pemkot sendiri sudah mengeluarkan surat edaran (SE) ke seluruh SKPD agar PNS Pemkot Solo tidak terjebak dalam kasus gratifikasi.

“Itu berdasarkan larangan KPK, karena pemberian parsel kepada pejabat pemerintah bisa dikategorikan sebagai suap atau gratifikasi,” tegas Rudy usai pembagian sembako, Minggu  (12/7/2015) kemarin.

Rudy sendiri juga sudah memerintahkan pada petugas Satpol PP yang berdinas di rumah dinas Lodji Gandrung untuk menolak semua kiriman parcel untuk dirinya dalam bentuk apapun juga sebagai bentuk contoh pada jajaran di bawahnya. 

Namun, justru sebaliknya Rudy menganjurkan agar  pejabat atau kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mau  memberikan bingkisan Lebaran kepada anak buahnya sebagai bentuk berbagi rejeki. Namun gunakan uang pribadi jangan pakai uang dari APBD. (BJ24)