Home Lintas Jateng Walikota Solo Ijinkan ASN Datang Telat saat Awal Ajaran Baru

Walikota Solo Ijinkan ASN Datang Telat saat Awal Ajaran Baru

Walikota Solo Rudy

SOLO, 17/7 (BeritaJateng.net) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah, kepala daerah bisa memberi dispensasi bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama masuk tahun ajaran baru.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memperbolehkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan kota (Pemkot) Solo terlambat masuk kantor di hari pertama sekolah untuk menemani anak mereka di hari pertama masuk sekolah.

“Namun harus tertib administrasi. PNS harus mengajukan surat izin kepada atasan masing-masing,” jelasnya di Solo Jawa Tengah.

Dalam hal itu ASN tidak akan dikenakan sanksi baik administrasi maupun pemotongan tambahan penghasilan (tamsil), jika terlambat masuk kantor saat mengantar anak sekolah.

“Sehingga wali murid juga bisa memantau bagaimana pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) di sekolah,” papar Rudi.

Senada dengan Walikota Solo, Bupati Karanganyar Juliyatmono juga memberikan ijin kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar untuk mengantarkan sekolah anak nya di hari pertama masuk sekolah.

Bupati mengijinkan ASN untuk mengantarkan ke sekolah namun sebelumnya harus ada ijin tertukis pada pimpinan masing-masing.

“Tapi keterlambatan tidak bileh lebih dari jam 08.00 WIB. Ini mengantar lho, bukan menunggui,” tegas Bupati Karanganyar.

Ijin itu dikeluarkan bagi ASN yang memiliki anak baru masuk sekolah dasar (SD). Sedang bagi tingkatan SMP/sederajat, SMA/sederajat tidak perlu diantarkan. Pasalnya murid SD baru, masih takut bertemu dan bekenalan dengan lingkungan baru. (Bj24)