Home Headline Walikota Semarang Raih Tiga Kali Penghargaan Kinerja Terbaik

Walikota Semarang Raih Tiga Kali Penghargaan Kinerja Terbaik

Walikota Semarang Hendrar Prihadi menerima penghargaan

Semarang, 25/4 (BeritaJateng.net) – Jika ditanya empat Pemerintah Daerah di Indonesia manakah yang terus mendapatkan pred.ikat kinerja terbaik, kira-kira daerah manakah yang akan anda sebut? Jakarta?  Batang? Bojonegoro? Bandung atau Makassar? Ternyata tidak, empat daerah tersebut justru adalah Kota Semarang, Kota Probolinggo, Kulon Progo, dan Pasaman.

Empat daerah tersebut mungkin tidak terpikir karena jarang terekspos oleh media. Namun siapa sangka, jika empat daerah tersebut dapat mencuri perhatian publik dalam acara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-20 di Alun-alun Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (25/4/2016).

Salah satu info tentang penghargaan tersebut juga diunggah oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. Hendi sapaan akrab Walikota Semarang ini mengunggah sebuah foto dirinya saat menerima penghargaan bersama Wakil Presiden, Jusuf Kalla, dan Mendagri, Tjahjo Kumolo.

Dalam captionnya Hendi juga menulis, “Alhamdulillah dan selamat – Kota Semarang, Probolinggo, Kulon Progo, dan Pasaman yang meraih penghargaan kinerja terbaik ini tiga tahun berturut2 #SemarangHebat #SmgHebat”.

Parasamya Purnakarya Nugraha yang berarti Anugerah atas pekerjaan yang baik atau sempurna untuk kepentingan semua orang adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada Provinsi/Daerah Tingkat I dan Kabupaten/Kotamadya/Daerah Tingkat II yang menunjukkan hasil karya tertinggi pelaksanaan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat.

Seperti dikutip dari laman kemendagri.go.id, penghargaan ini merupakan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).Evaluasi ini dilakukan secara terukur, dengan melibatkan beberapa Kementerian/LPNK (Kemendagri, Kemen PAN-RB, Kemenkeu, Kem Hukum dan HAM, Setneg, BAPPENAS, BKN, BPKP, BPS dan LAN) terhadap Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk memotret kinerja penyelenggaraan Pemda terutama dari aspek Manajemen Pemerintahan.

Ketika dikonfirmasi melalui telepon, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi menyatakan terima kasih kepada seluruh warga Kota Semarang yang telah mau bergerak bersama dalam mendukung kinerja pemerintahan tiga tahun kebelakang ini.

“Penghargaan ini menjadi pengingat untuk saya dan rekan-rekan di pemerintah Kota Semarang bahwa pentingnya bekerja sebagai sebuah tim, kesejahteraan rakyat bukan hanya ditentukan oleh satu orang, ini tanggung jawab bersama,” Hendi sapaan akrab Walikota Semarang yang juga mendapatkan predikat Walikota Terbaik Dunia di Italy tahun 2014 ini.

Tak lupa Hendi juga bercerita tentang penataan birokrasi yang akan terus dia lakukan agar pemerintah Kota Semarang dapat terus berbenah untuk menerima. (Bj)