Home Lintas Jateng Walikota dan Aparat Hukum Kota Semarang Siapkan Langkah Pemberantasan Pungli

Walikota dan Aparat Hukum Kota Semarang Siapkan Langkah Pemberantasan Pungli

Walikota dan Aparat Hukum Kota Semarang Siapkan Langkah Pemberantasan Pungli

 

Semarang, 27/10 (Beritajateng.net) – Sesuai dengan komando Presiden RI Joko Widodo untuk menyapu bersih dan melakukan pemberantasan pungutan liar (Pungli). Walikota Semarang menggandeng Peradi dan Aparat hukum Kota Semarang menyiapkan langkah-langkah pemberantasan pungutan liar (pungli) di instansi pemerintahan dan penegak hukum.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa pihaknya bersama pemerintah pusat, provinsi, aparat hukum Kota Semarang segera melakukan sosialisasi pemberantasan pungutan liar di kota Semarang.

Hal ini disampaikan Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi dalam acara nopi bareng Walikota Semarang, PERADI, aparat penegak hukum Kota Semarang dengan tema “Mencari Solusi Pencegahan Pungli” di kota Semarang.

“Kita bersama kawan-kawan PERADI dan aparata penegak hukum, kita berbicara sebuah solusi terkait dengan pemberantasan pungli, dengan upaya mulai dari pemerintah pusat, provinsi, aparat penegak hukum dan kami di tingkat Kota Semarang berencana menghilangkan pungli di kota Semarang,” terangnya.

“Perlu kesadaran di kota Semarang dari masing-masing pihak aparat hingga masyarakatnya. Kurang lebihnya adalah aparatnya ¬†bertanggung jawab untuk terus mensosialisasikan khususnya di area pelayanan publik agar tidak menarik biaya diluar ketentuan, yang bisa disebut konotasi pungli. Kemudian untuk masyarakatnya sendiri juga saya tekankan supaya tidak pernah takut untuk melaporkan hal-hal yang tidak semestinya, termasuk jangan pernah ragu dan takut untuk menolak pungutan yang persyaratanya resmi. Namun jika persyaratannya lengkap dan tidak diurus oleh petugas, maka langsung saja laporkan saya,” ungkapnya.

Lanjutnya, perlu peran masyarakat yang berperan aktif agar tidak memberikan sesuatu kepada petugas untuk kelancaran mengurus sesuatu dipelayanan publik.

“Tentunya kita akan lakukan terus sosialisasi kepada pimpinan yang ada di pemerintahan hingga bawahan ini harus terus kita lakukan, hingga ditingkat paling bawah kelurahan, RW, RT untuk bisa diberikan pengarahan bahwa saat ini komitmen untuk memberantas pungli di Kota Semarang,” tambahnya.(BJ06)

Comments are closed.