Home Lintas Jateng Wali Kota Sidak Simpul-simpul Transportasi Jelang Lebaran

Wali Kota Sidak Simpul-simpul Transportasi Jelang Lebaran

image

Semarang, 2/7 (BeritaJateng.net) – Untuk menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2015, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memantau kesiapan simpul-simpul transportasi, seperti terminal dan stasiun di Kota Semarang.

“Persiapan yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang sudah baik dan patut diacungi jempol,” katanya, saat meninjau Stasiun Tawang Semarang, Kamis (2/7).

Pada pantauan di Stasiun Tawang, rombongan wali kota ditunjukkan simulasi pembelian dan pemesanan tiket melalui sistem “online” dan pembagian zona I, II, dan III.

Simulasi tindakan terhadap penumpang yang kedapatan tidak memiliki tiket juga ditampilkan, serta penyediaan pos kesehatan untuk melayani penumpang kereta api (KA) saat masa Lebaran.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi juga menunjukkan apresiasinya melihat kesiapan di Terminal Penggaron Semarang dalam menghadapi penumpang pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Kesiapan pengelola terminal, mulai dari petugas, tenaga kebersihan, hingga penyediaan pos kesehatan dinilai baik sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan yang baik selama arus mudik dan balik.

Setidaknya, ada tiga tempat yang ditinjau kesiapannya oleh Wali kota, yakni Stasiun Tawang, Terminal Penggaron, dan terakhir Pasar Unggas Penggaron untuk mengecek ketersediaan unggas.

Dalam pantauannya, keberadaan posko-posko terpadu Lebaran untuk melayani pemudik juga disoroti, mengingat perannya yang sangat membantu untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik.

Keberadaan posko terpadu, kata Hendi, setidaknya terdapat di enam titik strategis yang bisa membantu memberikan pelayanan kepada para pemudik yang melintas atau singgah di Kota Semarang.

“Itu belum termasuk posko kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Semarang. Setidaknya ada sekitar 12 posko kesehatan yang tersebar di berbagai titik di Kota Semarang yang disiapkan,” katanya.

Ia menambahkan keberadaan pasar tumpah juga harus diantisipasi demi kelancaran arus mudik, seperti di Pasar Mangkang, Pasar Karangayu, Pasar Genuk, Pasar Gayamsari, Pasar Pedurungan, dan Pasar Johar.

“Khusus untuk Pasar Johar, pasca kebakaran para pedagang memanfaatkan Jalan Agus Salim. Makanya, nanti akan kami siapkan petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan kepolisian,” kata Hendi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kota Semarang Agus Harmunanto menyatakan posko terpadu dilengkapi petugas kepolisian, tenaga medis, dan kebersihan.

“Untuk keberadaan terminal ‘bayangan’, kami akan bekerja sama dengan instansi terkait mengenai aturan-aturan yang akan diberlakukan mulai H-10 atau 10 hari sebelum Lebaran,” pungkasnya. (Bj05)