Home News Update Wakil Bulu Tangkis Indonesia Ke Semifinal Hong Kong Open

Wakil Bulu Tangkis Indonesia Ke Semifinal Hong Kong Open

Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan (dok)

Semarang, 21/11 (BeritaJateng.Net) – Dua wakil Indonesia melangkah ke babak semifinal kejuaraan bulu tangkis Yonex-Sunrise Hong Kong Open setelah mengalahkan lawan-lawannya pada babak perempat final.

Dikutip dari laman tournamentsoftware, Jumat (21/11), kedua wakil Indonesia yang melangkah ke babak empat besar adalah pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di ganda putra dan pasangan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari di ganda putri.

Pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setaiawan yang menempati unggulan kedua kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 350 ribu dolar Amerika Serikat tersebut melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan pasangan Jepang Kenta Kazuno/Kazushi Yamada dengan dua game langsung 21-12,21-15 dalam waktu 25 menit.

Pada babak empat besar mereka akan bertemu pasangan Denmark Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding yang menyingkirkan pasangan Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia) dengan rubber game 17-21,21-16,21-13 dalam waktu 51 menit.

Pertemuan antara pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang kini menempati peringkat tiga dunia dengan pasangan denmark yang menempati peringkat 19 dunia pada babak semifinal, Sabtu (22/11), merupakan yang kedua kalinya dan skor pertemuan mereka adalah 1-0 untuk keunggulan ganda putra Indonesia.

Sementara sebelumnya ganda putri pasangan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari yang menempati unggulan ketujuh terlebih dulu lolos ke semifinal setelah mengalahkan unggulan ketiga Reika Kaiiwa/Miyuki Maeda dari Jepang dengan 21-15,23-21.

Pada babak empat besar mereka akan menantang unggulan pertama Misaki Matsutomo.Ayaka Takahashi yang sebelumnya mengalahkan unggulan kedelapan dari Belanda Eefje Muskens/Selena Piek dengan rubber game 20-22,21-18,21-4.

Pada nomor ganda campuran pasangan baru Tontowi Ahmad/Debby Susanto gagal melangkah ke babak semifinal setelah dikalahkan unggulan kedua dari Tiongkok Ma Jin/Xu Chen dengan dua game langsung 17-21,14-21.

Pasangan Tontowi/Debby sebenarnya mengawali permainan dengan baik pada game pertama saat unggul 7-2 kemudian menutup interval pertama dengan skor 11-5. Namun pasangan Tiongkok ini perlahan tapi pasti mengejar perolehan skor sehingga terjadi kedudukan imbang 16-16. Pasangan Xu/Ma semakin percaya diri dan mengambil alih irama permainan.

“Padahal kami sudah memimpin di game pertama, tetapi sayangnya di poin-poin terakhir kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Di game kedua juga sama, kami terlalu mudah mengangkat bola dan ini menguntungkan lawan untuk menyerang dan mengatur permainan,” kata Debby seperti dikutip laman PBSI.

“Kami merasa sudah bermain dengan benar di game pertama, kami menerapkan strategi yang sama saat saya dan Liliyana menang atas Xu/Ma di Prancis Open 2014. Tetapi kami kurang sabar di game kedua dan terburu-buru. Ini jadi bumerang, kami jadi banyak melakukan kesalahan sendiri. Selain itu kami juga kurang tenang, apalagi lawannya pasangan kelas dunia yang tidak mudah untuk dimatikan,” kata Tontowi.

Sementara itu pasangan Riky Widianto/Richi Puspita Dili di nomor ganda campuran juga gagal melangkah ke semifinal setelah dikalahkan unggulan kelima dari Tiongkok Lu Kai/Huang Yaqiong dengan skor 18-21,14-21. (ant/pri)