Home Hukum dan Kriminal Wah…..Pengguna Narkoba di DIY Didominasi Remaja

Wah…..Pengguna Narkoba di DIY Didominasi Remaja

Ilustrasi

 

Yogyakarta, 28/12 (Beritajateng.net) – Badan Narkotika Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan kasus penyalahgunaan narkoba di daerah ini selama 2014 paling dominan dilakukan remaja usia produktif atau setingkat mahasiswa.

“Fakta tersebut, terbukti dengan banyaknya penangkapan penyalahgunaan narkoba di rumah kost mahasiswa,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, Budiharso di Yogyakarta, Minggu.

Budiharso menilai rumah kos di hampir masing-masing lingkungan kampus di daerah ini mamiliki potensi menjadi tempat transaksi atau pemakaian narkoba.

“Kos-kosan rata-rata masih dianggap aman bagi mereka (pengguna narkoba,” kata dia.

Ia menyebutkan mengacu hasil penangkapan kepolisian serta penyidik BNNP DIY mulai Januari hingga November 2014, jumlah pengguna serta pengedar narkoba di DIY mencapai 445 orang. Jumlah tersebut sama dengan tingkat penggunaan narkoba pada 2012 dan 2013.

Meski demikian, ia mengatakan, rata-rata jumlah pengguna narkoba hingga saat ini masih jauh dari prevalensi penggunaan narkoba di DIY yang diperkirakan sebelumnya angka 2,8 atau mencapai 96.000 orang.

Senada dengan Budiharso, Ketua Umum DPD Gerakan Anti Narkotika (Granat)DIY, Feryan harto Nugroho juga mengatakan pihanya akan memperbanyak jumlah personel satuan tugas (satgas) antinarkotika dari kalangan mahasiswa guna memerangi maraknya peredaran narkoba di lingkungan kampus.

Hingga saat ini, kata dia, Granat DIY telah mengupayakan pembentukan rayon Granat di beberapa kampus antara lain di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Janabadra, serta Universitas Cokroaminoto, Yogyakarta.

Feryan menuturkan, peredaran narkoba di kalangan mahasiswa saat ini bahkan telah beralih dari sebelumnya menggunakan jenis ganja serta putau, beralih menggunakan sabu-sabu.

“Dulu hanya ganja saja karena harganya tidak terlalu mahal, tapi sekarang sudah beralih ke sabu-sabu,” kata Feryan.(ant/BJ03)