Home Headline Wah…Bulan Januari ini, Sudah Empat Napi Kabur

Wah…Bulan Januari ini, Sudah Empat Napi Kabur

Suasana Pelabuhan Nusakambangan

Semarang, 29/01 (Beritajateng.net) – Di awal Tahun 2017 ini, Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, dikejutkan dengan kaburnya empat napi sekaligus, dari tiga lapas di wilayah Jawa Tengah.

Ke Empat napi yang kabur yakni Darwanto, yang melarikan diri dari Lp klas II Pekalongan, pada 17 Januari 2017, Syarjani Abdullah dan M Husein, kabur dari LP Batu, Nusakambangan, Cilacap, pada 21 Januari dan yang terakhir pada 25 Januari, napi Rudin, kabur dari LP Purbalingga.

Kakanwil Kemenkumham Jateng, Bambang Sumardiono
Kakanwil Kemenkumham Jateng, Bambang Sumardiono

Kepala Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Wilayah Jawa Tengah, Bambang Sumardiono mengatakan, pihaknya masih mendalami kasus empat napi yang berhasil kabur di tiga lembaga pemasyarakatan diwilayahnya, apakah ada faktor kelalaian para petugas atau faktor lain.”Kami terus selidiki, bukan hanya napi yang kabur saja, tapi juga internalnya gimana. Kaburnya para napi apakah factor lalai dari penjaganya atau factor lain,” jelas Bambang.

Bambang menambahkan dalam waktu dekat akan mengumpulkan para petugas dan UPT Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan untuk penyegaran lagi tentang tugas dan tanggung jawab. Sementara untuk pengejaran para napi yang berhasil kabur, Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Wilayah Jawa Tengah akan dibantu dari aparat Kepolisian dan TNI. (BJ/NG)

Advertisements