Home News Update Wagub Jateng Minta Demo Sopir Truk Tertib

Wagub Jateng Minta Demo Sopir Truk Tertib

DEMO SOPIR TRUK

Semarang, 26/2 (BeritaJateng.net) – Pertemuan antara sopir truk yang tergabung dalam Aliansi Pengemudi Independen (API) Jawa Tengah dengan Pemprov Jawa Tengah yang akhirnya deadlock, Rabu (25/2) diikuti dengan ancaman para sopir untuk menggelar demo besar besaran dalam waktu dekat diharapkan berlangsung tertib.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sujatmoko usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Jateng, Kamis (26/2).

“Saya minta kalau mau demo lagi dilakukan dengan tertib dan mengutamakan kepentingan umum. soal penyampaian aspirasi itu hak para sopir,” ungkapnya.

Menurut Heru, tuntutan para sopir yang belum terakomodir dalam pertemuan kemarin dan akan disikapi dengan demo yang lebih besar merupakan hak yang dijamin oleh undang undang. Aspirasi mereka menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk menyempurnakan legalitas yang ada.

Dalam pertemuan yang diadakan di Aula Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jawa Tengah tersebut, Gubernur Ganjar Pranowo tidak hadir. Ketidakhadiran gubernur ini membuat kecewa para sopir karena yang mewakili gubernur yakni kepala Dinas Perhubungan Satriyo dan Kepala Dinas ESDM Teguh Dwi Paryono beserta jajarannya tidak bisa mengambil kebijakan langsung atas tuntutan para sopir.

Sopir angkutan barang (truk) yang hadir pada pertemuan tersebut menuntut agar toleransi kelebihan muatan sebesar diijinkan sebesar 75%, permudah ijin penambangan Galian C dan dikembalikannya truk dan alat berat yang saat ini ditahan tanpa syarat.

Karena tidak tercapai kata sepakat maka para sopir melakukan walk out dan mengancam akan melakukan demo lebih besar dan membawa alat alat berat ke kantor gubernur..

“Kami akan demo lagi dengan massa yang lebih banyak dan membawa alat berat yang akan diletakkan di kantor gubernur Jalan Pahlawan. Soal waktunya masih rahasia,” ancam Ketua API Jateng, Suroso, usai pertemuan. (BJ13)