Home Hukum dan Kriminal Waduh… Dianggap Laris Manis, Congyang pun Dipalsu…

Waduh… Dianggap Laris Manis, Congyang pun Dipalsu…

Petugas Tim Elang Unit 3,amankan Ratusan Botol Miras

Semarang, 10/12 (BeritaJateng.net) – Setelah beberapa saat lalu Tim Elang selalu pulang kandang tanpa hasil, kini dengan formasi dan pimpinan baru, Tim Elang Polrestabes Semarang, kembali menunjukan keperkasaannya.

Tim Elang Unit 3, yang dipimpin Kompol Budiman Gultom ini tidak saja berhasil mengamankan sejumlah pemuda yang diduga pelaku balap liar, namun juga berhasil membongkar pemalsuan minuman keras jenis congyang.

Menurut Kompol Budiman Gultom, awal keberhasilan membongkar dugaan pemalsuan minuman jenis cong yang ini, adalah ketika tim elang mengamankan pemuda di Jalan Imam Bonjol yang tengah menikmati minuman keras. Saat ditanya dari mana mereka membeli, mereka mengaku membeli dari sebuah toko kelontong di Jalan Wahid Hasim.

”Saat kami mendapatkan informasi dari pemuda yang kami amankan tentang penjual minuman keras itu, kami langsung bergerak, mendatangi toko yang disebut pemuda itu,” jelas Gultom (10/12).

Kompol Gultom membongkar peredaran Congyang palsu di Semarang
Kompol Gultom membongkar peredaran Congyang palsu di Semarang

Tim Elang

Ditoko yang pemiliknya mengaku bernama Anton itu, Tim Elang berhasil menyita ratusan botol minuman keras berbagai merek. Dan tanpa sengaja, petugas yang memeriksa toko kelontong milik Anton itu, menemukan sejumlah alat dan cairan mencurigakan. Diduga alat dan cairan mencurigakan itu adalah sarana pembuat cong yang palsu, yang dilakukan Anton.

Petugas kemudian membawa Anton ke Mapolrestabes Semarang, dengan membawa serta berbagai barang bukti yag diduga adalah alat untuk membuat minuman keras jenis cong yang palsu.

Alat yang disita diantaranya, alat press botol, kompor listrik, segel botol palsu dan berbagai cairan yang diduga untuk membuat cong yang palsu itu. Kini, Anton yang dulu pernah diamankan dalam kasus pemalsuan minuman cong yang itu, kembali diperiksa oleh petugas, dalam kasus yang sama. (NG/EL)