Home Hukum dan Kriminal Waduh.. Daging Busuk Masih Beredar Dipasaran

Waduh.. Daging Busuk Masih Beredar Dipasaran

Petugas menemukan daging busuk masih beredar dipasaran.

Purwokerto, 11/6 (BeritaJateng.net) – Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Banyumas, Jumat (10/6) menemukan daging busuk yang dijual pedagang di Pasar Sokaraja. Petugas langsung menyita daging tersebut dan memberi peringatakan kepada pedagang.

Kepala Bidang Kesehatan Ternak dan Ikan Disnakkan Banyumas Dewi Ratnawati mengatakan, dalam pemeriksaan daging yang dilakukan tim Disnakan, ditemukan ada 1,2 kilogram daging busuk yang masih dijual.

“Jumlahnya memang tidak banyak, hanya 1, 2 kilogram daging yang busuk, tetapi daging busuk ini berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi,“ katanya, Sabtu (11/6).

Penyitaan daging busuk ini, lanjut Dewi, juga sebagai peringatan terhadap para pedagang, supaya tidak menjual daging busuk. Jika dibiarkan saja, maka daging yang tidak layak konsumsi akan semakin marak dipasaran. Terlebih lagi saat menjelang lebaran seperti sekarang ini, dimana konsumsi daging naik dan harga tinggi.

Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan kertas derajat keasaman untuk mengukur pH daging. Untuk daging yang layak konsumsi derajat keasamannya berkisar antara 4-5.

Selain memeriksa tingkat keasaman daging, petugas Disnakan juga meminta agar para pedagang mewaspadai peredaran daging gelonggongan. Daging gelonggongan, lanjut Dewi, mudah untuk dikenali, yaitu jika digantung, akan menetes air. Hal ini karena, sebelum dipotong, sapi terlebih dahulu diberi air minum secara berlebihan.

“Daging gelonggongan juga tidak sehat untuk dikonsumsi, karena banyak mengandung banteri dan lebih cepat membusuk,“ jelasnya. (BJ33)