Home Hukum dan Kriminal Usai Lakukan Aksi Pencurian, Pria Ini Dibekuk Tim Pleton Raimas 

Usai Lakukan Aksi Pencurian, Pria Ini Dibekuk Tim Pleton Raimas 

Usai Lakukan Aksi Pencurian, Pria Ini Dibekuk Tim Pleton Raimas 

Semarang, 18/11 (BeritaJateng.net) – Usai melakukan aksi pencurian, seorang pria diamankan tim Pleton Raimas (pengurai massa) Perintis Direktorat Sabhara Polda Jateng saat sedang tongkrong di Perkampungan Bandarharjo Rt 5 Rw 3 Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang, Jumat, (18/11).

Ngatman Raharjo (45) warga Bandarharjo ini diamankan pleton yang dipimpin Komandan Pleton (Daton) Ipda Alfa Hendy ini  berpatroli di wilayah Bandarharjo. Saat digrebek pelaku tengah berada dikediaman temannya dan kedapatan membawa linggis kecil, kunci T,dan  Bong sabu lengkap dengan pipet di dalam tas milik pelaku.

Ngatman sempat mengelak bahwa peralatan tersebut  yang ditemukan Polisi bukan miliknya, melainkan milik temannya yang bernama Bacin.

Tim Pleton Raimas bersama Ngatman mencari  Bacin dikediamannya, saat pencarian  pria itu tidak beritikad baik dengan memberitahukan posisi tempat tinggal Bacin.

Karena curiga, pihak kepolisian dengan paksa meminta Ngatman untuk berterus terang mengenai alat-alat yang dibawanya.  Ia mengakui alat berupa linggis dan kunci T digunakan untuk  melakukan aksi pencurian.

“Linggis dan kunci T saya gunakan untuk mencongkel jendela rumah . Setelah itu  saya mencuri di Kaliwungu Kendal dan mendapat Televisi serta Hardisk. Aksi pencuriannya tersebut dilakukan bersama teman saya Bacin,” ujarnya.

Barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan pelaku.
Barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan pelaku.

Dalam penggerebekan polisi juga mengamankan baang haram berupa sabu. Pelaku mendapatkan Sabu dari temannya yang bernama Bacin. Namun ia tidak mengakui telah mengkonsumsi Sabu yang ditemukan polisi. Karena berbohong aparat meminta Ngatman untuk  segera mengakui telah mekonsumsi Sabu.

“Saya mengkonsumsi sabu dari kenal Bacin delapan bulan yang lalu. Saya terkahir pakai sejak dua hari yang lalu. Saya juga tidak mengedarkan,” tuturnya.

Dari pengakuannya,  pelaku diminta untuk memberitahu tempat tinggal temannya bernama Bacin. Tim Pleton Raimas menemukan tempat tinggal Bacin yang tidak jauh dari tempatnya digrebek. Namun setelah dilakukan pencarian teman pelaku tidak berada di tempat.

Ipda Alfa Hendi menuturkan saat melakukan pelaksanaan patroli rutin yang dilakukan tim Pleton Raimas (pengurai massa) Perintis Direktorat Sabhara Polda Jateng menemukan orang yang sedang tongkrong di daerah Bandarharjo.

“Ketika didatangi dan diperiksa tasnya terdapat satu buah bong sabu lengkap dengan pematik apinya serta beberapa pipet,”ujarnya.

Selain itu aparat juga mendapatkan linggis yang digunakan untuk membuka jendela maupun pintu rumah. Selain linggis aparat juga menemukan Kunci yang dipergunakan untuk membuka kunci motor.

“Dari pengakuan tersangka telah melakukan pembobolan rumah sebanyak dua kali. Selain itu kunci T yang dibawanya tersebut digunakan untuk membuka kunci motor. Aksinya tersebut dilakukan bersama rekannya,” ujarnya. (Bj)

Advertisements