Home Headline Upacara HUT Bhayangkara Polda Jateng Di Tengah Pandemi Covid-19

Upacara HUT Bhayangkara Polda Jateng Di Tengah Pandemi Covid-19

200

Semarang, 1/7 (BeritaJateng.net) – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di tengah pandemi Covid-19, upacara peringatan yang digelar setiap 1 Juli ini, menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dilingkungan Polda Jawa Tengah, upacara di gelar di gedung Borobudur Polda Jateng Rabu, (1/7) dilakukan secara virtual terintegrasi dengan Istana Negara dan gedung Bareskrim Polri melalui video konferensi.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Presiden RI Joko widodo diikuti oleh seluruh jajaran Polda hingga Polres di seluruh Indonesia.

Di wilayah Polda Jawa Tengah, upacara dihadiri Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kajati Jateng Priyanto dan Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari.

“Hari ini kita telah melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka hari Bhayangkara ke-74, dimana rangkaian telah diawali dengan ajangsana, ziarah kemakam, kemudian puncaknya hari ini secara virtual langsung dipimpin bapak Presiden Djoko Widodo di Istana,” kata Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi usai upacara, Rabu (1/7).

Di Hari Bhayangkara dengan mengusung tema Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif, Ahmad Luthfi menekankan pelayanan publik kepada masyarakat akan ditingkatkan guna memberikan kontribusi dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Ini kita lakukan agar masyarakat betul-betul memahami dengan situasi ini, yaitu dengan jalan Polri hadir untuk menertibkan terkait dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” jelasnya.

Sebelum memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, Kapolda mewajibkan personilnya untuk terlebih dahulu menjamin kesehatan dan bebas covid. Selain itu, pelayanan di kepolisian juga wajib menerapkan protap covid.

“Sebelum memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, Polri dulu harus aman, maka dari itu Direktorat Biddokes telah melakukan rapit test dan swab kepada anggota sampai ketingkat polsek, jadi kita sudah memberikan suatu test bekerjasama dengan beberapa pemerintah kota,” ujarnya

Dari hasil penelusuran, menjelaskan ada satu anggotanya di Polsek Rembang yang positif Covid-19.

“kami sudah melakukan tracking baik keluarganya, kemudian polsek, semuanya negatif,” ujar Kapolda

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku akan langsung mengecek temuan kasus covid di daerah Rembang. Yang menjadi perhatian orang nomor satu di Jawa Tengah yakni transmisi lokal.

“Transmisi lokal betul-betul diperhatikan, tadi sudah dijelaskan bapak Kapolda dengan sangat komplit, diminta bekerjasama forkopimda untuk saling mendukung, kita lakukan tracing sehingga penularannya kelihatan persis, hari ini saya mau ke Rembang untuk ngecek sekaligus ada dua tempat baik wilayah kerja provinsi dan Polda, kebetulan masing-masing,” ujar Ganjar. (Nh/El)