Home Lintas Jateng Untuk Efektifitas, Damkar Klaten Dilebur ke BPBD

Untuk Efektifitas, Damkar Klaten Dilebur ke BPBD

damkar

Klaten, 9/1 (BeritaJateng.net) – Penanganan bencana kebakaran merupakan tugas utama dari tim Damkar. Namun untuk melakukan tugasnya selain memerlukan kecepatan dan juga bisa bersinergi dengan pihak lainnya.

Menurut Kepala seksi kedaruratan bidang logistik dan kedaruratab BDPD Klaten, untuk menyatukan segala bentuk penanganan bencana terutama kebakaran maka Damkar Klaten per 1 Januari lalu digabungkan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten.

“Tugas Damkar akan digabungkan dengan sistem kerja BPBD Klaten, dan di bawah kendali BPBD,” jelasnya di Klaten Jawa Tengah, Jum’at.

Diharapkan dengan penyatuan dua instansi ini bisa meningkatkan kinerja dan kecepatan dalam menanggulangi bencana kebakaran yang setiap tahunnya makin meningkat.

Nantinya, ungkap Eko tugas Damkar akan masuk dalam koordinasi bidang logistik dan kedaruratan BPBD Klaten.

Eko juga menjelaskan pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak Damkar untuk mengetahui data, peralatan dan juga jumlah personilnya.

“Misalkan jumlah mobil damkar, pakaian tahan api untuk personil,” ungkapnya lagi.

Terpisah Kepala Pelaksana BPBD Klaten Sri Winoto, pihaknya akan segera menata Damkar agar kinerjanya semakin cepat dan tepat dalam menanggulangi bencana kebakaran yang terjadi.

Selain itu Sri Winoto juga akan mengupayakan penambahan peralatan untuk Damkar dan juga meningkatkan kesajahteraan para personil Damkar yang sebagian besar masih berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) dengan gaji di bawah UMK

Pihak BPBD juga akan mengajukan penambahan mobil Damkar dengan menggunakan tangga (crane) karena saat ini banyak bangunan bertingkat hingga tiga lantai di wilayah Klaten.

“Tiap tahun jumlah kebakaran selalu meningkat, dan kondisi bangunan juga sudah banyak yang bertingkat sehingga dibutuhkan penanganan terpadu baik dari Damkar dan juga BPBD,” ungkap Sri Winoto. (BJ24)