Home News Update UNTAG Semarang Mewisuda 813 Mahasiswa Periode I

UNTAG Semarang Mewisuda 813 Mahasiswa Periode I

SEMARANG, 27/4 (BeritaJateng.net) – Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang mewisuda sebanyak 813 mahasiswa pada periode pertama tahun 2016.

Sebanyak mahasiswa itu terdiri dari program SI Fakultas Hukum, Ekonomi, FISIP, Teknik, pertanian, bahasa dan budaya dan program magister (S2) dari masing-masing fakultas.

Rektor UNTAG Semarang Dr. Drs. Suparno, M.Si dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para mahasiswa yang wisuda pada periode tersebut karena telah menyelesaikan program studinya di UNTAG Semarang.

“Semoga ilmu yang didapatkan selama masa belajar di UNTAG dapat menjadi bekal untuk mencapai kehidupan yang lebih baik,” pesan Suparno.

Menurut Suparno, wisuda merupakan akhir dari study tapi bukan akhir dari proses pembelajaran. Karena belajar tidak mengenal kata akhir. Dan justru ke depannya semakin berat, karena mahasiswa dituntut menerapkan ilmunya di tengah-tengah masyarakat.

“Saya hanya berpesan, jaga nama baik almamater dengan menerapkan ilmunya di masyarakat, selalu patuh kepada kedua orang tua dan selalu rendah hati dalam bermasyarakat,” pesannya lagi.

Wisuda UNTAG

Untuk diketahui lanjut Suparno, selama UNTAG berdiri telah meluluskan mahasiswa sebanyak 32.656 mahasiswa, dan ke depan tantangan perguruan tinggi semakin berat karena munculnya kebebasan baik politik, sosial maupun ekonomi.

“Saat ini kita sedang bersaing dalam kebebasan ekonomi yang kita kenal dengan Masyarakat Ekononomi Asean (MEA), maka sebagai alumni UNTAG diharapkan di luar sana bisa bersaing untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik,” ujarnya.

Dan secara internal perguruan tinggi, untuk meningkatkan daya saing, UNTAG Semarang terus berbenah baik dari sisi kurikulum secara naisonal yang dibutuhkan dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya.

“Sebagai bentuk itu semua, UNTAG Semarang kini membuka program pendidikan Doktor Hukum, dan yang patut kita banggakan saat ini UNTAG Semarang memiliki 40 doktor dan 20 guru besar,” tambah Suparno.

Secara prestasi lanjut Suparno, saat ini UNTAG Semarang berada pada rangking 118 perguruan tinggi terbaik dari 3800 perguruan tinggi se Indonesia.

“Tahun ini kami targetkan rangking UNTAG berada pada angka dibawah 100. Secara prestasi mahasiswa, mahasiswa UNTAG telah menciptakan atlit nasional, dan saat ini mohon doanya, untuk mahasiswa Teknik Sipil yang sedang berlomba beton secara nasional yang sudah masuk 10 besar dari 93 perguruan tinggi di Indonesia, mudah-mudahan, mahasiswa kita menjadi juara I lomba beton nasional di Surabaya,” pungkas Suparno. (BJ)