Home News Update Unnes Usul Menristek Kuliahkan S2 Anak Pemulung di Singapura

Unnes Usul Menristek Kuliahkan S2 Anak Pemulung di Singapura

Semarang, 28/7 (BeritaJateng.net) – Universitas Negeri Semarang (Unnes) berencana membantu Firna Larasanti (17), mahasiswi dengan IPK cumlaude 3,77 untuk melanjutkan studi S2 ke Singapura. Firna yang merupakan anak dari seorang pemulung itu berhasil menjadi mahasiswi terbaik di Unnes.

Rektor Unnes, Fathur Rokhman mengatakan, telah melakukan koordinasi secara langsung dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi terkait rencana Firna untuk mengenyam pendidikan di negeri Singa.

“Sudah kami konsultasikan langsung ke pak Menristek. Saya sampaikan ada mahasiswa Unnes anaknya pemulung tapi jadi mahasiswa dengan skripsi terbaik dan pengen melanjutkan S2. Pak Menteri sudah memberikan jawaban ke saya akan bantu komunikasikan,” kata Fathur, disela-sela acara wisuda Unnes, Rabu kemarin.

Menurut Fathur, Firna memiliki peluang masuk ke program magister di Singapura melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

“Di Singapura Firna bisa masuk di Fakultas Sosial untuk selanjutnya bisa jadi dosen di Fakultas Ilmu Sosial sesuai cita-citanya. Maka saya sampaikan, ini kesempatan dan kemiskinan bukan halangan. Justru kebodohan yang jadi halangan. Asal berprestasi meski miskin akan ada jalan beasiswa baginya,” terangnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, bahwa setiap tahun kampusnya rutin memberikan kesempatan kepada anak kurang mampu yang berprestasi untuk berkuliah.

“Ada juga keluarga yang pas-pasan dan miskin. Misalnya anak pesuruh sekolah dan seperti Fina ini kita bantu pendanaan dari Rumah Amal Unnes. Sebab, kampus kita menampung anak pegawai dan orang-orang yang kurang mampu untuk bisa menikmati pendidikan yang lebih tinggi dan layak,” terang Fathur.

Firna Larasanti sendiri adalah salah satu dari 1.460 mahasiswa yang diwisuda Unnes hari ini. Meski keluarganya merupakan tergolong miskin, tidak menyurutkan semangat Firna untuk kuliah dan berprestasi.

Terbukti, tugas terakhir skripsi Firna yang berjudul ‘Marketing Politik Pasangan Calon Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti’ menjadi karya terbaiknya saat wisuda lulusan tahun 2016 hari ini. (Bj)