Home Life Style Uniknya Kirigami, Seni Lipat Kertas 3D dari Jepang

Uniknya Kirigami, Seni Lipat Kertas 3D dari Jepang

Uniknya Kirigami, Seni Lipat Kertas 3D dari Jepang

Jakarta, 30/10 (BeritaJateng.net) – Sudah pernah mendengar tentang kirigami? Ini adalah seni menggunting dan melipat kertas untuk menciptakan berbagai bentuk yang artistik. Salah satu contoh terbaiknya adalah karya-karya seniman Jepang nama samaran SouMa ini.

Biasanya, para seniman hanya membatasi diri pada kirie atau origami saja. Namun seniman yang satu ini memadukan kirie dan origami untuk mewujudkan berbagai objek tiga dimensi bernilai estetika tinggi.

Dilansir Rocketnews24 , detail kirigami SouMa yang rumit membuat dirinya mendapat julukan master kirie. Bentuk yang berhasil dia buat sangat variatif dan menampilkan kesan tiga dimensi. Mulai dari mahkota dengan detail ukiran dan bulu burung, bunga mawar dengan pita berdetail bordir, Menara Eiffel mini, atau sosok manusia dengan detail rambut dan fitur wajah yang rumit.

Semuanya dibuat dari selembar kertas saja. Untuk menyusun bagian-bagian yang sudah digunting, SouMa hanya menggunakan teknik lipatan. Dia tak menggunakan lem sama sekali.

Ketika ditanya bagaimana awalnya hingga dia bisa menekuni seni kirie 3D atau kirigami, SouMa menjawab, “Bukannya suatu hari saya tiba-tiba memutuskan untuk mulai melakukan kirie 3D. Saya hanya merasa itu adalah cara untuk menghidupkan gambar-gambar yang terbayang dalam kepala saya.” (Bj)

Comments are closed.