Home News Update Unika dan Unpar Kolaborasi Gelar KKN 2015

Unika dan Unpar Kolaborasi Gelar KKN 2015

IMG_20150728_114739

Semarang, 28/7 (BeritaJateng.net) – Hari ini, Selasa (28/7), Lapangan Basket Kampus Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata dipenuhi oleh 467 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN). Ini merupakan KKN kolaborasi antara Universitas Katolik Soegijapranata bersama Unika Parahyangan.

Kegiatannya berlangsung mulai tanggal 28 Juli-17 Agustus 2015. Sebanyak ratusan mahasiswa tersebut akan diterjunkan ke wilayah Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, dan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Ketua LPPM Unika, Prof. Dr. Andreas Lako didampingi Drs. Indiarto Edi Cahyono., Mpd (Kabid Pendidikan non formal) dan pendidikan tinggi Dinas Pendidikan Prov. Jateng melepas keberangkatan para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di 21 desa, Kecamatan Gubug dan 2 Kelurahan, Kecamatan Gunungpati.

Andreas Lako menjelaskan fokus program-program KKN akan diarahkan pada perwujudan tema KKN dari LPPM Unika Soegijapranata. “Diantaranya yakni pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat pedesaan,” ujarnya.

Berbeda dengan pelaksanaan beberapa KKN periode sebelumnya, pelaksanaan KKN periode Juli-Agustus 2015 ini juga melibatkan 30 mahasiswa berprestasi dari Unika Parahyangan (Unpar) Bandung.

Masing-masing mahasiswa dari Unpar Bandung menyatu dan berbaur dalam 30 kelompok mahasiswa KKN Unika Soegijapranata dalam kehidupan kelompok dan pelaksanaan program-program kerja KKN.

“Tujuan KKN bersama ini adalah selain untuk mewujudkan kesepakatan yang telah dilakukan antara Rektor Unika Soegijapranata dan Rektor Unpar Bandung, juga untuk mewujudkan keinginan dari pimpinan dari Unpar untuk belajar proses pelaksanaan KKN dari LPPM Unika Soegijapranata. Karena itu, selain menerjunkan mahasiswa, Unpar juga mengirim sejumlah dosen dan tenaga akademik untuk ikut serta menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL),” imbuh Andreas Lako. (BJT01)