Home News Update UKS Buka Prodi Baru Teknik Lingkungan 

UKS Buka Prodi Baru Teknik Lingkungan 

Lab Teknik Lingkungan
Lab Teknik Lingkungan
Lab Teknik Lingkungan

Solo, 19/5 (BeritaJateng.net) – Permasalahan lingkungan di Indonesia sangat kompleks, terkait dengan isu global warming, limbah yang cukup membahayakan lingkungan karena makin banyaknya  industri yang menggunakan bahan kimia juga pencemaran lingkungan yang semakin tidak terkendali. 

Namun tidak semua lembaga pendidikan membuka program studi teknik lingkungan. Padahal Indonesia sangat membutuhkan banyak ahli di bidang lingkungan.   

Rektor UKS Mardanung, menyebutkan sebagai wujud keperdulian terhadap lingkungan, maka  Universitas Kristen Surakarta (UKS) telah membuka  program studi Teknik Lingkungan. Dan baru UKS yang membuka jurusan tersebut untuk Strata 1 (S1).

“Program studi teknik lingkungan sangat strategis untuk ikut mengatasi persoalan global tentang kerusakan lingkungan,” jelas  Rektor UKS Mardanung, Selasa (19/5/2015).

Selain itu, Dekan Fakultas Teknik Retno Palupi, banyak sekali ilmu yang diajarkan dalam program studi lingkungan, baik praktik maupun teori. 

“Mulai dari penyusunan Amdal, pengertian, pengolahan limbah, perencanaan bagunan air, hingga sampai sistem distribusi air minum,” jelas Retno.

Harapan kedapannya lulusan dari Teknik Lingkungan UKS bisa memiliki bekal bagi yang ingin terjun ke  NGO lingkungan. Bahkan  peluang kerja bagi lulusan Teknik Lingkungan juga sangat luas. 

“Mulai dari industri hingga BUMN yang tidak jauh dari lingkungan,” lanjut Retno. 

Selain membuka Prodi Teknik lingkungan dan Teknik Informatika,  UKS  juga membuka program studi Ekonomi,  Manajemen dan Fakultas Teologi untuk program studi pendidikan agama Kristen dan Pastoral Konseling.

Bagi pendaftar gelombang pertama untuk semua program studi akan mendapatkan beasiswa 50 persen biaya pendidikan selama 8 semester. (BJ24)