Home Headline Uji Coba Car Free Night Diberlakukan Jumat Malam Ini

Uji Coba Car Free Night Diberlakukan Jumat Malam Ini

10
Uji coba Car Free Night di Kawasan Kota Lama.

SEMARANG – Car free night (CFN) atau bebas kendaraan bermotor di Kawasan Kota Lama akan diberlakukan mulai Jumat (11/10) ini.

Jalan Letjen Suprapto akan menjadi kawasan steril kendaraan bermotor setiap Jumat dan Sabtu mulai pukul 18.00 hingga 24.00 WIB.

“Besok kami lakukan uji coba car free night fi ruas Jalan Letjen Suprapto dari simpang Cendrawasih hingga depan Mandiri,” tutur Kabid Pengendalian dan Penertiban Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Danang Kurniawan.

Dikatakannya, pihaknya telah menyiapkan beberapa kantong parkir bagi para pengunjung, antara lain di gedung PT Damri di Jalan Mpu Tantular, lahan milik PTPN di Jalan Merak, kantong parkir belakang DMZ di Jalan Branjangan, dan depan Kantor Pos. Selain itu, tepi Jalan Sendowo dan Jalan Kedasih juga dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk memarkirkan kendaraan.

“Rekayasa lalu lintas, yang pengendara dari arah timur bisa lewat simpang Sayangan kemudian ke Bubakan lalu Jalan Agus Salim, sedangkan pengendara dari arah barat tetap bisa melewati Tawang,” jelas Danang.

Danang menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang baru melakukam uji coba setiap Jumat dan Sabtu. Jika car free night tersebut berhasil, pihaknya akan menambah jam tayang untuk car free night. Sedangkan jika belum berjalan maksimal, pihaknya tentu akan melakukan evaluasi.

Menurut Danang, pengunjung tidak perlu khawatir jalan jauh dari kantong parkir menuju kawasan Kota Lama. Pasalnya, Dishub memberikan fasilitas mobil golf yang akan mengantarkan pengunjung dari kantong parkir menuju pusat Kota Lama yakni di Taman Srigunting.

“Mobil golf kami tempatkan di Tantular, Sendowo, dan Suprapto. Ini akan muter, mengantar pengunjung ke sekitar Taman Srigunting, gratis,” imbuhnya

Antisipasi parkir liar, dia mengimbau para pengunjung untuk memanfaatkan kantong parkir yang sudah disediakan. Jika terdapat jukir yang menarik retribusi lebih dari ketentuan peraturan, dia meminta untuk segera lapor kepada Dishub. Para juru parkir juga diharapkan tidak membuka parkir di tempat larangan parkir, semisal area pedestrian. Petugas Dishub pun akan melakukan pemantauan di kawasan tersebut.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, selain Sabtu dan Minggu, car free night juga akan diberlakukan setiap hari libur atau tanggal merah. Rencananya, mulai Januari 2020, car free night akan diberlakukan setiap hari.

“Kami menerapkan uji coba car free night mulai jumat besok. Pemberlakukan sementara di malam libur dan malam-malam tanggal merah. Tujuan akhir pada Januari. Januari insyaallah semua sudah kami berlakukan setiap hari,” papar Hendi, sapaan akrabnua.

Hasil uji coba ini, lanjut Hendi, akan dilakukan evaluasi. Apabila terdapat titik-titik yang membuat situasi tidak nyaman, akan segera diperbaiki oleh Pemerintah Kota Semarang.

Pihaknya akan mengatur sedemikian rupa agar masyarakat dapat menikmati keindahan kawasan little netherland tersebut. Di sisi lain, suasana akan lebih nyaman dan udara di sekitar kawasan tersebut akan jauh lebih bersih.

“Kami akan atur sedemikian rupa agar masyarakat bisa melakukan aktivitas dengan jalan kaki atau sepeda. Sehingga lebih nyaman dan udara pasti jauh lebih bersih,” sebutnya. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 + 16 =