Home News Update Udinus Kembali Tambah Doktor Cumlaude 

Udinus Kembali Tambah Doktor Cumlaude 

Guruh bersama rektor UDINUS Edi Noersasongko (paling kiri), rektor UGM Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D(dua dari kiri) dan ketua yayasan Dian Nuswantoro, Tri Rustanti,MM

Semarang, 25/10 (BeritaJateng.net) – Satu lagi prestasi ditorehkan Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang. Kini, torehan prestasi dilengkapi dengan bertambahnya doktor baru dari bidang Teknologi Informasi (TI) atas nama Dr Guruh Fajar Shidik S.Kom M.Cs dan lulus dengan predikat cumlaude.

Guruh menyelesaikan studinya di UGM Yogyakarta dengan waktu studi 3 tahun 8 hari. Dengan mengambil judul disertasi “Metode Seleksi Mesin Virtual di dalam Dynamic Virtual Machine (VM) Consolidation untuk Efisiensi Energi pada Cloud Data Center”, menguatkan penelitian dibidang IT. Di UDINUS, Guruh merupakan doktor ke-35 sekaligus menambah deretan doktor-doktor baru UDINUS.

Dalam disertasinya,Guruh menyoroti makin banyaknya penggunaan Cloud Data Center di era teknologi saat ini.Seperti diketahui, perusahaan IT terkemuka seperti Google dan Amazon mulai berlomba-lomba untuk menekan konsumsi energi yang digunakan oleh server-server dalam menjalankan servis aplikasi cloud mereka.

Sejak era yang baru, media penyimpanan digital kini menjadi sesuatu yang wajib dimiliki setiap orang yang selalu bersinggungan dengan penggunaan data, terutama data bersama. Pada tahun 2000an, komputasi awan atau yang familiar disebut cloud computing menjadi pilihan popular.

Dengan cloud storage (penyimpanan menggunakan teknologi cloud) ini, selain data yang kita simpan terjaga keamanannya, pengguna juga tidak perlu kawatir jika perangkat keras seperti hardisk internal di dalam kompUter maupun eksternal yang dapat dibawa kemana-mana tersebut error atau rusak. Penggunanya dapat menyimpan dengan aman dan dapat mengambilnya kapan saja melalui cloud storage.

“Penggunaan cloud storage ini mempengaruhi kapasitas cloud data server, dan penyimpanan secara besar-besaran ini selain menyebabkan pemborosan konsumsi energi listrik, juga berdampak pada peningkatan panas yang berefek pada peningkatan gas CO2,” papar Guruh.

Rektor UDINUS,Dr Ir Edi Noersasongko MKom saat dikonfirmasi mengatakan bangga bahwa salah satu dosennya telah membuahkan hasil yang memuaskan. Ia mengaku dalam waktu tidak lama lagi juga akan muncul doktor-doktor baru baik dari dalam maupun luar negeri.

“Hadirnya doktor-doktor baru ini diharapkan akan semakin menguatkan kami dalam mencetak generasi yang berkualitas,” tegas Edi. (Bj)

Advertisements