Home News Update Udinus Ajak Para Siswa Lebih Dekat dengan Industri

Udinus Ajak Para Siswa Lebih Dekat dengan Industri

Udinus Ajak Para Siswa Lebih Dekat dengan Industri
        Semarang, 8/2 (BeritaJateng.net) – Ada yang berbeda dari biasanya di lingkungan Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) akhir pekan lalu. Lebih dari 30 siswa yang masih duduk dibangku sekolah menengah mengikuti proses perkuliahan layaknya seorang mahasiswa dan mahasiswi. Mereka  adalah siswa-siswi dari jenjang SMA/SMK sederajat Kota Semarang.
        “Kegiatan  ini merupakan salah satu terobosan kami, untuk mengenalkan lebih dalam masing-masing program studi.Mereka akan mencoba kuliah sehari dengan dosen yang berkualitas, serta memahami materi kuliah dengan mengikuti kelas teori, praktek dan simulasi,” tutur Dr.Dian Retno Sawitri MT, Dekan Fakultas Teknik.
       Dalam kuliah sehari ini, dibuka 2 kelas untuk Teknik Elektro dan Teknik Industri, serta 1 kelas untuk Teknik Biomedis. Namun demikian untuk menjamin kualitas kegiatan tersebut,diperlakukan kuota terbatas.
Sementara untuk materi kuliah diberikan  berdasar kompetensi yang ada dan menyesuaikan kebutuhan industri. .
      Kaprogdi Teknik Biomedis,Dr. Aripin, M.Kom mengemukakan pada kelas teori dasar akan mendapatkan waktu sebanyak dua sks, yakni 90 menit, dan praktikum 100 menit.
      “Meski hanya dibuka satu kelas, untuk Teknik Biomedis cukup banyak peminatnya. Mereka akan mendapatkan kuliah Pengantar Teknik Biomedis dan Instrumen Biomedis. Dan, semua kegiatan dipusatkan di Gedung B lantai 2 FT Udinus,” jelas Aripin.
      Aripin menambahkan bahwa selain untuk meningkatkan ilmu secara akademis, juga untuk mendekatkan siswa lebih dekat.dengan industri. Sebagai contoh siswa diajak melihat kerjasama yang dilakukan fakultas dengan PT. Tridaya Setia Manunggal   dan Sivakumar benchmark PT. Tridaya Setia Manunggal dari India.
     Terpisah, Kepala Humas Udinus Agus Triyono, MSi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Udinus telah banyak menjalin kerjasama dengan industri. Hal itu dilakukan untuk memperkuat stakeholders dalam meningkatkan kualitas lulusan yang akan terjun di dunia industri.
       “Jalinan kerjasama antara kampus dan industri menjadi salah satu prioritas. Oleh karenanya akan ditingkatkan terus,” ujar Agustri. (El)