Home Hukum dan Kriminal Tunggu Surat Tilang, Warga Dapat Siraman Rohani

Tunggu Surat Tilang, Warga Dapat Siraman Rohani

Pengendara yang melanggar lalu lintas dan tak memiliki kelengkapan berkendara dikenai tilang, sembari menunggu tilang pengendara tersebut mendapatkan tausiah.

Karanganganyar, 24/5 (BeritaJateng.net) – Cara berbeda dilakukan Satlantas Polres Karanganyar saat gelar Operasi Patuh Candi 2016 tepat di depan rumah dinas Bupati Karanganyar di  jalan Lawu, Selasa (24/05/2016).

Satlantas Polres Karanganyar bekerjasama dengan Dai dari  Kamtibmas yang akan memberikan tausiah bagi pengendara motor yang terkena razia sambil menungu surat tilang selesai di proses.

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibowo menyebutkan acara tausiah ini diharapkan bisa lebih membuka kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.  Operasi patuh Candi 2016 yang diselingi dengan tauziah dari Dai Kamtibmas memang baru pertama kali ini digelar.

“Tujuan pemberian tauziah yang ditujukan pada para pelanggar bisa brtindak disiplin dalam berlalulintas,” jelasnya Selasa (24/5/2106).

Selain itu, dalam razia Operasi Patuh Candi 2016, petugas sudah mencat ada sekitar 1500 pelanggaran terjadi. Diantaranya 1400 pelanggar langsung ditilang. Sedangkan sisanya hanya diberi peringatan.

Pelanggaran yang mendominasi dilakukan oleh kendaraan roda dua. Baik itu masalah SIM, STNK juga kelengkapan bwrkendara seperti helm.

“Untuk kendaraan roda empat, hanya ada beberapa saja. Kebanyakan adalah pengendara roda dua,” jelas AKP Suryo.

Sementara itu Adi siswa kelas XI salah satu SMKN di Karanganyar juga terkena tilang karena belum memilik SIM. Dengan sedikit rasa takut Adi mengikuti prosedur penilangan sambil mendengar Kultum dari Dai Kamtibmas.

“Habis pulang sekolah, besuk ada UKK. Tidak tahu ada razia,” jelas Adi. (Bj24)