Home Headline Tumbuhkan Semangat Kebangsaan, Aktivis JKP 42 “Sweeping” Bendera Merah Putih

Tumbuhkan Semangat Kebangsaan, Aktivis JKP 42 “Sweeping” Bendera Merah Putih

255
Tumbuhkan Semangat Kebangsaan, Aktivis JKP 42

Demak, 6/8 (BeritaJateng.net) – Tak ingin larut dalam ‘teror’ Covid 19, belasan pemuda Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak yang tergabung dalam Komunitas Jembatan Kuning Paingan (JKP 42) menggelar aksi kebangsaan menyambut HUT RI ke 75, Kamis (6/8/2020).

Mereka melakukan aksi “sweeping” ke rumah rumah warga yang belum memasang bendera merah putih sesuai himbauan pemerintah agar masyarakat untuk mulai mengibarkan bendera Merah Putih secara serentak mulai 1 – 31 Agustus 2020 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Puluhan bendera Merah Putih mereka siapkan saat menyambangi rumah – rumah warga untuk memastikan bendera Merah Putih sudah terpasang di depan rumahnya. Mereka langsung memasang bendera di rumah warga sembari memberikan edukasi terkait nasionalisme dan semangat kebangsaan. Mereka juga mengganti bendera kusam dengan bendera baru yang mereka bawa.

“Tadi ada beberapa rumah yang belum ada benderanya, langsung kita pasang dengan bendera baru. Ada juga yang sudah dipasang tapi sudah kusam dan memudar warnanya, juga langsung kami ganti bendera yang baru,” kata Andreyanto Ketua JKP 42 Demak.

Menurut Andre, selain menumbuhkan semangat kebangsaan pada momentum peringatan Kemerdekaan RI, aksi mereka ini juga untuk mengingatkan warga terutama anak anak dan pelajar agar di masa musim libur pandemi Covid-19 ini, mereka masih ingat bahwa masyarakat tetap memiliki kewajiban cinta tanah air.

“Prihatin dengan kondisi saat ini karena sekolah libur jangan sampai anak anak lupa cara mengibarkan bendera merah putin,” ujarnya usai mengganti bendera tak layak kibar di rumah salah satu warga.

Wiryadi Agung Raharjo, Kepala Desa Karangsari mengapresiasi inisiatif anak anak muda tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi kampanye dan gerakan nyata bagi semangat kebangsaan generasi muda.

“Bagus sekali, nilai-nilai kebangsaan di lingkungan sekitar kita agar semakin kokoh,” ucapnya. (El)