Home Lintas Jateng Tugu Bancar di Purbalingga akan Direlokasi

Tugu Bancar di Purbalingga akan Direlokasi

Purbalingga, 10/6 (BeritaJateng.net) – Bupati Purbalingga Tasdi berencana merelokasi replika Tugu Peringatan Hari Kebangunan Nasional Indonesia atau lebih dikenal dengan Tugu Bancar di komplek Taman Maerakaca Kelurahan Bancar.

Tugu yang dibangun saat peringatan Setengah Abad Hari Kebangunan Nasional Indonesia (sekarang Hari Kerbangkitan Nasional-red) pada 1958 ini, akan dikembalikan ke lokasi semula di titik tengah Simpang Empat Bancar atau depan Kodim 0702 Purbalingga.

“Kita kembalikan ke posisi semula. Anggaran relokasi masuk APBD Perubahan 2016. Kita juga akan memperindah Taman Maerakaca,” kata Bupati tasdi saat melakukan kerja bhakti bersama warga RW 5 Kelurahan Bancar dalam kegiatan Gebrak Gotong Royong tingkat Kecamatan Purbalingga, Jumat (10/6).

Menurut Bupati, Tugu Bancar dan Taman Maerakaca selama ini menjadi salah satu ikon Purbalingga. Sehingga keberadaanya perlu dilestarikan bahkan diperindah. Nantinya, Taman Maerakaca yang berada di bekas Gedung Wanita, akan diperindah dengan melakukan penataan kawasan dan menambah tanaman bunga termasuk mengganti rumput taman.

“Tulisan Taman Maerakaca juga diperindah ini, termasuk keramik lantainya diganti biar lebih menarik untuk selfi,” katanya kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sigit Subroto.

Pada kesempatan tersebut, salah seorang warga setempat, Tulus yang juga Ketua RW 5 Kelurahan Bancar menyampaikan aspirasi warga agar keberadaan Taman Maerakaca tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif. Dia meminta bupati untuk membongkar bangunan bagian tengah taman yang strukturnya cukup tinggi sehingga sering dimanfaatkan untuk pacaran.

“Lebih baik diratakan saja. Karena sering digunakan untuk hal-hal negatif dan warga tak bisa mengawasinya karena terhalang oleh bangunan itu (singkur-red),” jelasnya.

Gebrak Gotong Royong di Kelurahan bancar merupakan kali kedua setelah kegiatan yang sama di Desa Bobotsari Kecamatan Bobotsari Jumat pekan lalu. Rencananya, Bupati Tasdi dan Wakil Bupati Dyah hayuning Pratiwi pada setiap Jumat pagi akan berkeliling kelurahan dan desa untuk menggerakan warga melakukan kerja bhakti Jumat Bersih.

Pada kegiatan Gebrak Gotong Royong di lingkungan RW 5 Kelurahan Bancar, Bupati dan Wabup sempat mengikuti PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan melakukan pengamatan jentik nyamuk bersama kader setempat. Bupati juga memberikan bingkisan kepada sejumlah warga setempat.

Meski dilaksanakan bertepatan saat warga berpuasa Ramadan, masyarakat terlihat antusias dalam melaksanakan kerja bhakti membersihkan lingkungan mereka. Bupati Tasdi, Wabup Dyah Hayuning Pratiwi dan sejumlah pejabat yang mengikuti terlihat berbaur dengan masyarakat membersihkan komplek Taman Maerakaca Bancar. (BJ33)