Home Headline Truk Bermuatan Ribuan Liter Miras Diamankan Polisi

Truk Bermuatan Ribuan Liter Miras Diamankan Polisi

Aparat Satuan Reskrim Narkoba Polrestabes Semarang mengamankan sebuah truk berisi ribuan liter miras
Aparat Satuan Reskrim Narkoba Polrestabes Semarang mengamankan sebuah truk berisi ribuan liter miras, (2/5)

Semarang, 2/5 (BeritaJateng.net) – Sebuah truk bermuatan ribuan liter minuman keras (Miras) tradisional jenis Ciu di amankan Aparat Satuan Reskrim Narkoba Polrestabes Semarang.

Dua awak truk bernopol AD 1434 YE tersebut diamankan aparat kepolisian saat melintas di kawasan Jalan Walisongo, Semarang. Mereka adalah sopir Agus Daryanto (32) warga Cinderejo Lor, RT 6 RW 5 Ds Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta dan kernet Triyanto (21) warga Boyolali.

Kepada polisi Agus mengaku sudah dua kali tertangkap polisi saat mengirim paketan ciu langsung dari produsennya di Sukoharjo, Jawa Tengah untuk di distribusikan ke sejumlah Kota.

“Saya sudah dua kali ketangkap saat ngirim ciu ini. Terakhir tiga minggu lalu juga ketangkap, tapi kalau tahu gini kapok,” katanya saat gelar perkara di Polrestabes Semarang, Sabtu (2/5).

Agus menambahkan sekali mengirim pesanan itu mendapat untung besar sekali jalan dengan tujuan dua Kota Brebes, dan Bogor. Namun apesnya belum sampai sudah ketangkap.

“Untungnya lumayan sekali jalan dapat bayaran Rp 3,9juta, Rp 1 juta untuk setoran truk, lainnya dibagi berdua,” terangnya

Dikatakan bahwa pesanan yang dikirim tersebut sesuai pesanan yang hendak dituju. “Saya hanya suruh mengantar saja. Kalau sampai di Kota tujuan nanti tinggal kontak pemesannya, pemesannya datang dan mengambilnya sendiri,” jelasnya.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Burhanudin mengungkapkan, penangkapan dilakukan petugas yang mencurigai adanya sebuah truk yang tertutup terpal keluar dari Tol Krapyak. Setelah petugas melakukan pencegatan saat diperiksa mengangkut minum-minuman keras.

“Saat melintas di Kota Semarang, kami melakukan penjegatan dan ternyata truk berisi lebih dari 2.000 liter miras jenis ciu,” ungkap nya.

Berdasarkan keterangan dua tersangka, lanjutnya, barang haram itu akan dikirim kepada seorang pengoplos yang beralamat di dua Kota. Selanjutnya, miras tersebut akan diedarkan.

“Barang ini akan dikirim ke Brebes 70 kardus dan sisanya Sentul Bogor,” imbuhnya.

Terpisah Kasat Narkoba Polrestabes Semarang AKBP Eko Hadi Prayitno mengungkapkan pihaknya akan terus melakukan penyelidikan terkait barang tersebut diproduksi berasal.

“Yang jelas tertangkapnya dua sopir dan kernet hendak mengirim ribuan ciu ini akan dikembangkan,”ujarnya.

Dikatakan Eko juga tidak menutup kemungkinan pemilik usaha nantinya akan dilakukan pemanggilan untuk kepentingan pemeriksaan.

“Jelas nanti akan mengembang ke pembuat dan pemesan. Jika nanti terbukti nanti bisa jadi tersangka,”tandasnya.

Dari tangan pelaku petugas menyita 2100 botol plastik ukuran 600 ml, dan 29 drigen. Para pelaku melanggar Undang-Undang Perda Kota Semarang No 8 Tahun 2009 dengan ancaman 3 bulan pidana kurungan dan denda 50 juta. (BJ04)