Home Headline Truck Gandeng Terperosok, Timpa PAL Listrik dan Telkom

Truck Gandeng Terperosok, Timpa PAL Listrik dan Telkom

Truk Terperosok

*Terdengar suara ledakan keras dari sebuah trafo listrik

Kendal, 23/3 (BeritaJateng.net) – Sebuah kendaraan truk gandeng Nopol. L 8131 XN memuat batu gamping jatuh terperosok mengenai PAL tiang listrik dan Telkom di jalan arteri Weleri Kendal, Senin (23/3) siang.

Meski tidak ada korban jiwa, akibat bak truk jatuh terperosok dan menimpa pal tiang telkom dan tiang listrik saat itu menjadi terputus. Ada sebanyak 3 pal tiang listrik dan 1 pal tiang telkom roboh. Tidak hanya itu, satu tiang listrik yang ada trafonya juga sempat meledak.

Ngatimin (59) sopir truk gandeng warga Tulungagung Jawa Timur mengungkapkan bermula dari arah timur Surabaya hendak membawa batu gamping menuju ke arah Jakarta. Begitu sampai di jalan lingkar, dia bermaskud hendak memarkirkan truknya.

“Saya juga tidak tahu kenapa bisa sampai seperti ini. Padahal, kendaraan sudah saya parkir di tepi jalan. Tiba-tiba bak bagian truk bagian belakang terguling dan jatuh merosot ke bawah mengenai tiang listrik dan telkom,” ungkapnya.

Ia mengatakan, sesaat setelah memarkir kendaraan truknya dia mengaku sempat tertidur di dalam truk. Selang beberapa menit dirinya dikagetkan dengan suara ledakan tiang listrik yang ternyata akibat terhempas oleh bak kendaraan truk yang jatuh ke areal persawahan.

“Tadi memang terdengar suara ledakan keras yang ternyata trafo listrik hingga membuat saya kaget dan terbangun,” akunya.

Tambahnya, kondisi tanah tanggul pembatas jalan yang sangat labil dan tidak kuat menahan beban berat, membuat kendaraan truknya jatuh terperosok ke areal persawahan.

Sementara itu, Handono petugas teknik penanganan gangguan PT PLN Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Weleri membenarkan jika telah terjadi listrik padam akibat tertimpa kendaraan truk.

“Untungnya yang padam hanya sebagian dan tidak menyeluruh. Sebab ada salah satu trafo yang meledak,” jelasnya.

Sedangkan, akibat tiang listrik dan tiang telpon tertimpa kendaraan truk membuat beberapa pelanggan yang teraliri aliran listrik menjadi padam seketika. Seperti Kampus Stekom Weleri dan Waterboom yang kebetulan dekat dengan lokasi kejadian.

“Kami sedang mengupayakan untuk membenahinya, karena harus mengambil tiang Pal listrik dari Semarang. Semoga dalam satu hari ini bisa selesai,” imbuhnya.

Ruki salah seorang petugas Telkom cabang Weleri di lokasi kejadian mengatakan jika dirinya mengetahui kejadian itu setelah mendapat laporan dari petugas Polsek Weleri jika kabel telpon (FO Fiber Optik-Red) terputus akibat tertimpa truk gandeng.

“Saat ini saya baru melakukan pengecekan. Sebab beberapa kabel ada yang kami temui terputus dan tiang ada yang roboh. Mengenai seberapa banyak kerugiannya, kami belum bisa mengetahuinya,” terangnya.

Dikatakan jika, kabel FO ini menghubungkan dari kantor cabang telkom di Weleri menuju ke Obyek Wisata Pantai Sendang Sikucing. Atas peristiwa tersebut, kini masih dalam penanganan petugas Polsek Weleri dan Satuan Lalu Lintas Polres Kendal. (BJ19)