Home Hiburan Tradisi Berbuka Kopi Arab di Masjid Layur Semarang

Tradisi Berbuka Kopi Arab di Masjid Layur Semarang

Berbuka Puasa

Semarang, 20/6 (BeritaJateng.net) – Berbuka Puasa dengan Kopi Arab yang dapat menyegarkan badan, dapat ditemui di Masjid Menara Jalan Layur Kawasan Kota Lama Semarang.

Di masjid Menara jalan Layur tersebut menyediakan minuman takjil yang dapat menyehatkan badan dan menyegarkan saat berbuka puasa.

Nurul, pembuat Kopi Arab mengatakan bahwa, bahan-bahan Kopi arab terbuat dari beberapa bahan rempah-rempah yakni diantaranya, cengkeh, kapulaga, kayu manis, daun jeruk, serai, daun pandan, dan jahe, dan bahan rempah tersebut berufungsi  menyegarkan tubuh dan mencegah penyakit dalam.

“Menu ini sudah menjadi tradisi turun temurun yang ada didaerah tersebut sejak awal masjid berdiri ditahun 1802, atau di massa Hindia Belanda,” kata Nurul.

Setiap harinya, ia mengaku dapat menyediakan menu buka puasa tersebut sekitar 50 porsi. Selain kopi arab, pihak masjid juga menyediakan berbagai makanan buka puasa lainnya diantaranya kurma, nasi bungkus maupun gorengan.

“Warga sekitar biasanya ada yang memberikan menu lainnya untuk para musafir yang berbuka disini,” tambahnya.

Konon di daerah Masjid Menara Jalan Layur tersebut, merupakan sebagian besar dihuni oleh suku melayu di Semarang pada tahun 1743, dan tradisi berbuka dengan Kopi Arab tersebut ada sejak kampung melayu berdiri.

Sesepuh Kampung, dan imam masjid, Mbah Salim mengatakan bahwa dahulu pembuatan kopi dilakukan di dapur masjid, namun lama kelamaan diserahkan kepada dirinya yang kebetulan bertempat tinggal di sebelah masjid.

“Tradisi ini sudah sejak massa nenek moyang, minuman ini bermanfaat untuk menghangatkan badan, Setiap hari kami menyediakan 50 cangkir kopi kepada jamaah yang datang,“ paparnya.(BJ06)