Home Ekbis TPKS Semarang Tambah Peralatan Modern

TPKS Semarang Tambah Peralatan Modern

tpks

Semarang, 10/1 (BeritaJateng.net) – Terminal Petikemas Semarang (TPKS) mengoperasikan 10 unit trailer baru, sebagai upaya peningkatan pelayanan bongkar muat di pelabuahan itu. Di tahun 2015 ini diperkirakan arus bongkar muat di TPKS meningkat sekira 10 persen.

General manager TPKS, Iawn Sabatini mengatakan, Trailer baru sebanyak 10 unit, ini sebagai penambahan dukungan dari trailer yang ada sebanyak 28 unit. Dengan demikian kegiatan bongkar muat di area terminal dapat dilakukan dengan lebih cepat.

“Yang sudah tiba saat ini adalah 10 unit New Container Trailer buatan dari Belanda assembly Malaysia, sedangkan chasisnya buatan Indonesia,” ungkapnya sabtu (10/1/2015)

Selain itu menurut Iwan pihaknya juga akan menambah sejumlah peralatan modern lainnya untuk mempercepat kelancaran proses bongkar muat. Beberapa peralatan yang akan hadir adalah 2 unit Container Crane dan 11 unit Automatic RTG.

“Sudah saat nya pelabuhan Tanjung emas ini terus berbenah sebagai pelabuhan yang modern. Akan dilakukan pula pembangunan perpanjangan dermaga 105 metermenjadi 600 meter sehingga nantinya dapat dioperasikan 3 kapal besar secara bersamaan,” ujarnya

Iwan menambahkan, dengan penambahan alat – alat modern ini, maka target peningkatan volume bongkar muat dari 575.671 Teus pada tahun 2014 menjadi 635.000 Teus pada tahun 2015 dapat tercapai. Selain itu persiapan ini juga sebagai bagian dari menghadapi pelaksanaan masyarakat ekonomi ASEAN pada akhir tahun 2015 mendatang.

“Kita harapkan pada tahun 2015 TPKS dapat mencapai throughput sebanyak 635.000 Teus. Sekaligus dengan perkembangan ini diharapkan semua stake-holder dan instansi pemerintah siapbersama menghadapi MEA,” pungkasnya. (BJ21)

Advertisements